Sunday, November 12, 2017

Membuat Ring Light Sendiri Murah dan Gampang

Suka lihat foto close up riasan mata terus di mata-nya seperti ada lingkaran putih? Itu adalah ring light, yaitu pencahayaan yang berbentuk lingkaran yang memang biasa digunakan dalam dunia pemotretan. Penggunaan ring light dalam fotografi memang membantu menghasilkan foto yang tidak hanya lebih terang dan jelas, tetapi juga memperhalus dan mengurangi bayangan pada foto. Hasilnya? Foto jadi kece!

Belakangan ini, tidak hanya fotografer saja yang menggunakan ring light tetapi juga Youtubers dan blogger. Aku sendiri ikut ketularan karena salah seorang bestie-ku share tentang DIY ring light yang dia buat. Karena melihat hasil fotonya yang cetar abis, aku memutuskan untuk membuat DIY ring light murah meriah ini! 

Sebetulnya aku sudah memiliki ring light ini sejak pertengahan tahun 2015 lalu dan sempat masuk di postingan ini  [BLOGGING 101] My Blogging/Photography Equipment . Di postingan itu kalian bisa lihat ring light aku, sayangnya aku tidak sempat membuat tutorial mebuatnya.


Surprisingly, DIY ring light yang aku buat hampir 2 tahun lalu ini masih berfungsi dengan baik hingga sekarang lho! Paling yang sedikit rusak hanya karton belakangnya saja yang sedikit tertekuk karena selalu didudukkan pada bangku. Jadi, pada postingan ini aku akan meremajakan ring light aku sekaligus membuat tutorialnya. Let’s get started!

Alat dan bahan:

Karton bekas mie/susu
Lampu LED selang 10 meter (Rp 12.000/meter)
Alumunium foil (Rp 17.000)
Tali nylon pengikat kabel (Rp 5.000/bungkus)
Tutup ember dan baskom untuk membuat lingkaran ring
Lakban
Cutter dan gunting
pensil

Cara membuat: 

Step 1. 
Cetak lingkaran pada karton dengan menggunakan tutup ember. Selanjutnya cetak lingkaran dalam dengan menggunakan baskom. Di bawah ini adalah foto si tutup ember dan baskom yang aku gunakan. Kalau mau lebih profesional lagi hasilnya, bisa gunakan jangka.


Step 2. 
Potong karton mengikuti garis yang sudah dicetak sebelumnya menggunakan cutter/gunting.

Step 3. 
Karton bisa ditumpuk dua agar lebih tebal dan lebih awet. Gabungkan dua karton yang sudah dipotong menggunakan lakban. Di bawah ini adalah foto hasilnya.

Step 4. 
Lapisi lingkaran dengan menggunakan alumunium foil. Rekatkan bagian belakang ring dengan menggunakan lakban putih.

Step 5. 
Atur kabel lampu LED mengikuti lingkaran ring light dan ikat dengan menggunakan tali nylon pengikat kabel. Sambungkan lampu LED yang telah terpasang pada lingkaran ring light dengan kabel listrik.

Voila! Jadi deh ring light-nya!

*** 
Itu dia cara membuat DIY Ring Light ala Tya. Gimana? Cukup mudah kan? Alat dan bahannya bisa kamu dapatkan di toko bangunan atau di toko buku. Sedangkan untuk kartonnya sendiri aku mendapatkannya secara gratis dari tetangga. Kalau kamu kesulitan mencari karton bekas, coba deh tanya ke mini market terdekat, biasanya mereka punya karton dan dijual seharga Rp 5.000.

Alhamdulillah DIY Ring Light ini berfungsi dengan baik membantu aku mendapatkan hasil foto yang baik untuk keperluan blog aku. Berikut ini adalah hasil foto dengan menggunakan ring light buatanku. Gimana? Kelihatan kan lingkaran ring light-nya?

Semoga DIY Ring Light ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua yaa. Jangan sungkan juga untuk tinggalkan kritik, masukan, dan saran untuk postingan ini maupun blog secara keseluruhan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Membuat Ring Light Sendiri Murah dan Gampang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.