Saturday, December 30, 2017

RPG Maker MV menjadi Aplikasi Android APK

Hai Semuanya, bingung gimana membuat Android APK dari game RPG Maker MV? Pada tulisan kali ini Go Share mau membahas lebih jauh tool untuk membuat game RPG yang dulu pernah kami tulis yaitu RPG Maker MV, seperti yang kita tahu RPG Maker MV menggunakan bahasa pemrograman HTML5 yang sebenarnya bukan untuk membuat game tapi lebih ke web app, CMS atau website pada umumnya. Dan ternyata untuk mengeluarkan (export) game kita yang sudah selesai menjadi sebuah game Android dalam format file APK membutuhkan langkah-langkah yang sangat rumit bahkan buat agan-agan yang sudah terbilang developer profesional sekalipun, bahkan diakui juga oleh developer luar negeri sono. Langkah-langkah manual ini membutuhkan banyak tool dan tentu saja resiko terjadinya eror sangat besar.
Tapi ada satu cara yang lebih mudah mengeluarkan (export) game dalam RPG Maker MV menjadi file APK untuk Android. Cara otomatis ini jauh lebih mudah daripada menggunakan cara manual yang biasa dilakukan oleh para profesional. Software yang kami maksud adalah Intel XDK, Intel XDK mempermudah kita untuk merubah game kita yang tadinya berupa folder-folder berisi file-file aset game (grafik) dan file-file html5/javascript menjadi sebuah file tunggal dengan ekstensi APK, dan ukuran file tersebut juga bakalan lebih kecil agar kita bisa memasukkannya di Google Play dengan mudah, walau file lebih kecil tapi kualitas grafis tidak akan menurun. Inilah kelebihan software buatan Intel ini.
Terus bagaimana kalau kita ingin memonetize game ini dengan in App Purchase (iAP) atau dengan Admob? Yup gampang aja gan, karena dalam Intel XDK terdapat plugin-plugin yang bisa kamu download, plugin-plugin ini bisa menambahkan fitur-fitur dalam game atau aplikasi yang akan ente buat, seperti memasang iklan Admob atau iAP. Oh iya jangan lupa selalu gunakan plugin resmi agar pendapatan iAP/Admob kita tidak dibagi dengan orang lain.
intel_XDK_Plugin_admob_plugin
Terus gimana kalau kita ingin membuat game/aplikasi untuk iOS (iPhone dan iPad)? Tenang aja pokoknya Intel XDK punya fitur yang lengkap untuk membuat aplikasi segala platform perangkat bergerak dan bahkan Windows 8 dan 10 (EXE). Kekurangan Intel XDK adalah tidak tersedianya exportir aplikasi untuk Blackberry atau OS lain, mungkin sudah dianggap jadul kali ðŸ˜€ dan untuk menggunakan software ini agan harus terkoneksi internet agar bisa login ke website Intel. jangan lupa untuk selalu cek tampilan aplikasi/game agan di simulator yang tersedia di Intel XDK, Pada umumnya gadget Android punya aspect ratio (perbandingan panjang dan lebar layar) 2:1 jadi jangan lupa untuk membuat game agan dengan aspect ratio itu.
intel-xdk-blank-option
Sudah mencoba Intel XDK belom? Teknojid sudah berhasil mengkonversi game Silly Tank buatan sendiri ke file APK, tapi belum dicoba di gadget Android. Kalau ada kesalahan dalam tulisan ini mohon di sampaikan di komentar.
Download Intel XDK disini.

Bagikan

Jangan lewatkan

RPG Maker MV menjadi Aplikasi Android APK
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.