Thursday, December 28, 2017

Mudahnya Menghubungkan Smartphone Ke TV


Apakah Anda pernah bermimpi ingin menampilkan display smartphone ke layar TV? Pada produk ponsel jaman dulu, hal ini mungkin hanya sebatas impian. Namun, ternyata, perkembangan gadget yang pesat dewasa ini telah membuat impian tersebut kini dapat diwujudkan. Sulit dipercaya?
Bernama MHL atau Mobile High-Definition Link, teknologi ini merupakan salah satu pendukung yang wajib untuk mewujudkan impian tersebut menjadi nyata. Tapi, sebelum itu, jika Anda masih kurang paham mengenai MHL, berikut ulasan selengkapnya!

What is MHL?
Seperti yang telah disebutkan, MHL adalah singkatan dari Mobile High-Definition Link. Teknologi ini mampu melakukan transfer data dengan sangat cepat, demi mendapatkan kualitas yang terbaik. Sebagai contoh, yaitu menyalurkan data display pada smartphone sehingga bisa ditampilkan secara ideal dan proporsional saat Anda nikmati melalui layar televisi, baik Full HD maupun 4K TV.
Berkat MHL, Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih besar dan jernih saat mengakses berbagai macam fitur dan multimedia dari smartphone melalui perangkat TV. Misalnya, melihat foto-foto berkualitas high-res, menonton video atau film 4K, memainkan game dengan grafis tinggi, dan ada banyak aktivitas seru lainnya. Sederhananya, MHL akan mengubah televisi Anda menjadi extender display untuk smartphone kesayangan.
Beralih dari sisi video, MHL turut memberikan performa audio yang lebih jernih dan detail dari apa yang pernah Anda bayangkan. Bahkan, kualitasnya telah mendukung sekelas Surround Sound 7.1. Dengan begitu, tidak hanya gambar yang tampak jernih, Anda pun dapat memanjakan telinga berkat output suara yang semakin keren, hampir mendekati aslinya. Luar biasa, bukan?
The history of MHL
Dalam sejarahnya, teknologi MHL ditemukan oleh Silicon Image, salah satu perusahaan dunia yang ikut memberi sumbangsih pada standarisasi HDMI masa kini. MHL merupakan pengembangan dari teknologi Transition-Minimized Differential Signaling (TMDS). Memulai debut pada event global Consumer Electronic Show (CES) tahun 2008, demonstrasi inovasi MHL menghasilkan konsorsium bersama antara Silicon Image, Nokia, Samsung, Sony, dan Toshiba.
Bayangkan, MHL langsung mendapat perhatian dari beberapa merk gadget dan electronic raksasa kelas dunia!
Pada bulan Juni 2010, dari kerja sama tersebut akhirnya merilis teknologi MHL perdana, yaitu versi 1.0  yang kemudian dipasarkan pada Mei 2011. Seiring waktu, MHL versi 2.0 juga mengikuti jejak sebelumnya dengan menawarkan performa yang lebih baik. Tetapi, kedua versi ini hanya berfungsi untuk menampilkan video berkualitas maksimal Full HD 1080p.
Jika Anda memiliki smartphone dan TV berkelas 4K, maka MHL versi 3.0 adalah opsi paling tepat. Pasalnya, varian ini memiliki kemampuan transfer rate yang lebih mumpuni, ketimbang dua versi 1.0 dan 2.0. Diliris pada Agustus 2013, versi 3.0 telah mendukung format 4K (3840x2160), Surround Sound 7.1 dengan Dolby TrueHD, dan mampu digunakan untuk menampilkan display secara multiple atau lebih dari satu output.
How to use MHL
Faktanya, teknologi MHL tidak dapat digunakan untuk semua jenis smartphone. Layaknya USB On-The-Go (OTG), Anda harus memastikan bahwa ponsel juga telah mendukung teknologi ini. Jika ternyata support MHL, hal yang Anda butuhkan selanjutnya hanyalah MHL Adapter atau Cable sebagai konektor untuk menghubungkan ponsel pintar ke TV.
Adapter MHL untuk ponsel Android sudah tentu harus memiliki konektor berjenis MicroUSB. Lalu, adapter keren ini juga dilengkapi port HDMI untuk memasang kabelHDMI berkualitas tinggi menuju port HDMI pada perangkat TV. Hasilnya, smartphone Anda sudah siap menampilkan dan menyajikan performa audio video yang lebih istimewa, dari apa yang pernah Anda kira!
Namun, satu hal yang perlu Anda ingat adalah, TV dirumah juga harus mendukung koneksi MHL. Jika tidak, maka usaha untuk menikmati sajian display secara lebih menarik akan menjadi sia-sia. Tetapi, untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah mendukung koneksi MHL, silahkan kunjungi link ini.
So, are you ready to feel the new experience of multimedia, gaming, and actually everything, from your favourite smartphones, via high-resolution TV?

Bagikan

Jangan lewatkan

Mudahnya Menghubungkan Smartphone Ke TV
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.