Friday, November 3, 2017

Tips Membuat Film dengan Smartphone


Smartphone saat ini tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi saja, tidak juga hanya sekedar foto-foto, tetapi sudah mampu membuat film dengan menggunakan kameranya. Brader, bikin filmnya juga bukan main-main lho, tapi film layar lebar.
Dulu, ketika Samsung Galaxy Note 5 hadir, smartphone Android ini berhasil digunakan untuk membuat film horor buatan anak bangsa berjudul Chai Lan Gong. Hasilnya? Luar biasa keren kok.
Dengan menggunakan smartphone, biaya produksi diharapkan dapat lebih terjangkau. Selain itu, dengan smartphone pengguna dapat melakukan semua proses pembuatan film, mulai dari perekaman sampai editing.

Oleh karena itu, berikut kami berikan langkah mudah bagi Anda yang tertarik untuk membuat film dengan smartphone

( Pilih Smartphone)

 

Smartphone Dengan Kualitas Full HD 1028p

cara bikin film pakai smartphone 2
Untuk poin ini, sebenarnya bukan berarti layarnya yang Full HD, meski juga penting untuk mempunyai smartphone dengan layar tersebut. Namun, poin yang lebih pentingnya lagi adalah kamera yang mampu memiliki kualitas resolusi Full HD. Biasanya, kalau sudah Full HD, ponsel pasti mendukung 30fps juga.

Spesifikasi Cukup Baik

cara bikin film pakai smartphone 3
Meskipun menyematkan sebuah kamera utama yang luar biasa keren, tapi itu saja tidak cukup brader. Kamu harus membutuhkan smartphone yang memiliki spek dewa, minimal RAM 2GB, memori internal 16GB, memori eksternal yang dukungannya besar, dan chip tangguh untuk smartphone flagship.

Layar Cukup Lebar

cara bikin film pakai smartphone 4
Tidak enak kan, kalau misalnya view finder kamu itu kecil? Makanya, usahakan punya layar yang besar juga, setidaknya untuk melihat objek dalam view finder itu terlihat baik. Minimal, ukuran layarnya 5,5 inci lah. Samsung Galaxy S7 Edge itu cukup mumpuni untuk membuat sebuah film layar lebar.

 

( Aksesori Tambahan )

  • Gunakan Steadicam Untuk Mencegah Getar Pada Video

imageedit_10_4354943316
steadicam - howtogeek
Beli juga steadicam, untuk mencegah getar pada video, tangan anda pasti saat merekam bergerak bergerak terus, karena tangan manusia bukan tripod hehe.

 

  • Peralatan Lighting yang Baik

cara bikin film pakai smartphone 5
Setelah kamu berhasil memilih smartphone apa yang cocok, jangan lupa persiapkan alat lighting yang baik. Kamu bisa gunakan LED flash yang harganya di bawah satu jutaan kok. Terus, kamu letakkan di atas tripod kamera, jadi deh syuting.

 

  • Tripod

 

 

Tripod menjadi salah satu aksesoris kamera yang cukup penting dalam proses pemotretan. Tripod merupakan aksesori kamera berbentuk stan kaki tiga yang biasanya dimanfaatkan para fotografer untuk menopang bodi kamera saat memotret. Untungnya, cara menggunakan tripod cukup mudah sehingga kamu bisa memotret dengan lebih nyaman dan sempurna.

 

 

( Gunakan Aplikasi Pengedit Suara ) 

imageedit_14_3818744868
aplikasi pengedit suara - howtogeek
Untuk mendapat kualitas suara yang bagus dan menggelegar, download di appstore aplikasi edit suara video, contohnya garageband dan semacamnya. Walau kualitas suara sudah bagus, tapi bisa lebih bagus lagi loh.

 

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Membuat Film dengan Smartphone
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.