Friday, November 3, 2017

Pahala Yang tidak akan putus

Setiap muslim pasti ingin mendapatkan pahala yang tidak terputus sekalipun dirinya sudah meninggal. Itulah yang disebut dengan amal jariyah yakni amalan yang terus memproduksi pahala sekalipun amalan tersebut sudah tak dilakukan lagi karena si empunya sudah meninggal.
Abu Hurairah menerangkan bawa Rasulullah bersabda, "Apabila anak Adam ( manusia ) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak-anak sholeh yang mendoakannya". (HR. Muslim)
Pertanyaannya, masih adakah amalan lainnya yang akan mengalirkan pahala sekalipun sudah meninggal?
Dalam sebuah riwayat Rasulullah bersabda bahwa, "Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebarluaskan, mushaf (kitab-kitab agama) yang diwariskan, anak yang shaleh dan senantiasa mendoakan, masjid yang dibangun, rumah yang dibangun untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan jauh (musafir), sungai yang dialirkan untuk kepentingan orang banyak dan harta yang disedekahkan". (HR. Ibnu Majah).
Maka sesuai dengan bunyi hadist diatas bahwa ada tujuh amalan yang pahalanya tidak akan pernah putus. Berikut merupakan ulasan lengkapnya.
1. Menyebarluaskan ilmu kepada khalayak dengan ikhlas. Ilmu yang dimaksud baik ilmu keagamaan maupun ilmu umum yang disebarluaskan dengan berbagai cara seperti dakwah, sekolah, diskusi, ceramah dan lainnya. Dalam konteks ini tentu saja menulis buku yang berisi hal-hal baik dan bermanfaat juga termasuk dalam kategori menyebarluaskan ilmu.
2. Mewariskan mushaf atau kitab-kitab keagamaan kepada orang-orang yang dianggap bakal mampu memanfaatkan kebaikannya untuk umat.
3. Mendidik anak menjadi anak yang shaleh. Sungguh berbahagia orang tua yang memiliki anak shaleh karena ketika nanti dia wafat maka si anak akan senantiasa mendoakan orang tuanya. Sebuah riwayat menjelaskan bahwa setiap kebaikan dari anak shaleh maka telah mendidiknya di akhirat kelak tanpa mengurangi pahala si anak tersebut.
4. Membangun masjid. Membangun masjid yang ditunjukan untuk mempermudah ibadah umat muslim sungguh sangat besar nilai pahalanya. Merujuk sebuah hadist bahwa, "Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena Allah sekecil apapun maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga". (HR. Bukhari Muslim)
5. Membangun rumah atau pondokan bagi mereka yang sedang berpergian untuk kebaikan. Percayalah bahwa setiap orang yang memanfaatkan rumah atau pondokan tersebut untuk kebaikan, bukan untuk berbuat maksiat maka si pemilik rumah akan mendapatkan pahalanya.
6. Mengalirkan selokan untuk kepentingan banyak orang yang membutuhkan. Anda bisa membangun sumur atau mengalirkan sungai untuk dialirkan ke sawah atau perkebunan warga maka pahalanya akan tetap mengalir kepadanya sekalian suatu hari kelak ia wafat. Semakin banyak orang yang memanfaatkan air tersebut maka akan semakin banyak juga pahala yang akan diterimanya.
7. Di dalam sebuah hadistnya, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membuat sebuah sumur lalu diminum oleh makhluknya atau burung yang kehausan, maka Allah akan memberinya pahala kelak di hari kiamat". (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah).
Itulah ketujuh hal yang apabila dikerjakan maka pahalaya tidak akan pernah putus. Tetap mengalir sekalipun orang yang melakukannya sudah lama meninggal. Betapa beruntungnya orang yang berlaku demikian karena amal yang telah diperbuatnya selama di dunia, kelak ketika wafat dia masih dapat menikmati pahalanya. Sungguh keadaan yang didambakan.

Maka sudah selayaknya kita mencontoh orang-orang shalih yang senantiasa melakukan kebaikan untuk menolong orang lain, bukan semata untuk kepentingan diri, keluarga dan golongannya semata. Kita harus bisa mencontoh Abdurrahman bin Auf misalnya, sahabat nabi yang rela menyedekahkan sebagian hartanya yang berlimpah untuk kemajuan umat islam. Sekecil apapun amalan yang kita lakukan untuk membantu banyak orang dan termasuk ke dalam 7 amalan diatas, maka royalti pahalanya akan tetap mengalir.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pahala Yang tidak akan putus
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.