Showing posts with label Info. Show all posts
Showing posts with label Info. Show all posts

Wednesday, February 21, 2018

Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda


Bagaimana anda di bayar oleh google adsense?
Bagaimana perhitungan yang di tetapkan oleh pihak google adsense, sehingga anda berhak di bayar?
Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap dapat pembayaran?
Itu beberapa pertanyaan yang sering muncul dari beberapa orang, baik yang sudah di terima google adsense, maupun yang belum mempunyai akun google adsense sekalipun.
Apa sih istimewanya google adsense, sehingga banyak orang sukses menghasilkan ratusan hingga ribuan dolar dalam sebulan. Kok bisa? Bagaimana perincian pembayaran nya? Baiklah saya akan menjelaskan satu persatu dengan bahasa yang sederhana dan semoga bisa di mengerti.
Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda
Yang di maksud dengan Publisher adsense adalah orang yang berhak menayangkan iklan dari google, Setelah mendapat persetujuan dari pihak google tentang kriteria dan syarat menjadi penayang iklan google baik dari Mitra google (seperti youtube dan blogspot) maupun dalam website atau blog di luar mitra google (.com .net .org .tv)

Yang jelas seorang publisher adsense harus mempunyai video yang di unggah di youtube atau mempunyai website atau blog, tempat menayangkan iklan google adsense. Tentu saja harus mengikuti kebijakan (TOS) dari pihak google adsense.
Untuk mengetahui perbedaan akun adsense bisa anda baca dulu artikel di bawah ini.
Nah sekarang bagaimana anda di bayar oleh google adsense? Pihak google adsense mempunyai perhitungan tersendiri dalam menetapkan bayaran bagi para penayang iklan. Pihak Google menawarkan beberapa pilihan yang berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada halaman penayangan.
Jenis jenis iklan dalam google adsense di antaranya :
Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan
Disini saya akan menjelaskan hal atau bagian terpenting saja dalam perhitungan google adsense, setidaknya kita bisa sedikit tahu.
CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan.
Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.
CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8% 
CPM= Cost per Mille
Dalam istilah indonesia biasa di sebut  BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.
RPM=Revenue Per Thoushand Impression
Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini.
1. RPM Kueri 
Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.
RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000
Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.
2. RPM Halaman
Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.
RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
3. RPM Permintaan Iklan
Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000
Masih banyak istilah lain dalam perhitungan google adsense yang menentukan jumlah pembayaran kepada Publisher adsense, jika anda ingin mempelajari lebih lanjut, bisa di buka link sumber tersebut.
Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap di bayar?
Jadi dari berbagai pertanyaan, Bagaimana jika iklan kita hanya tayang saja tanpa ada yang klik, apa di bayar juga? Ya…kita tetap di bayar berdasarkan apa yang di jelaskan di atas. memang yang paling besar adalah jika ada yang langsung klik iklan yang di tayangkan, tetapi perhitungan lain seperti yang telah di tetapkan oleh pihak google adsense, tetap harus di pertimbangkan.
Jadi semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita, semakin banyak pula potensi dolar yang akan di hasilkan, hal ini berlaku juga untuk Youtube, semakin banyak orang melihat video yang di tayangkan, semakin besar pula harapan dolar yang di peroleh, walaupun penonton tidak klik iklan yang di tayanngkan.
Pencairan dana dari google adsense setelah pendapatan kita terkumpul 100 dolar, cara pengambilannya pun terbilang mudah, pihak google adsense menyyediakan beberapa sistem pembayaran, bisa melalui cek atau melalui transfer bank (kawat) hingga menggunakan fasilitas western union.
Jadi bagaimana? Menarik bukan penghasilan dari Google adsense? anda tertarik menjadi publisher google adsense? Buruan daftar….Semuanya Gratis!!

Baca selengkapnya

Monday, February 19, 2018

Youtubers Yang Tujuan Utamanya Uang Akan Gagal



Hallo teman-teman.. artikel ini saya buat untuk melengkapi artikel yang sebelumnya sudah saya buat yang masih dalam rangka pembahasan tentang youtubers di Indonesia.

Artikel ini saya buat bertujuan untuk mengingatkan para youtubers pemula yang melakukan berbagai cara agar video yang di publikasikannya memiliki banyak viewers.

Namun cara yang terburuklah yang sering dilakukan oleh para youtubers di Indonesia, seperti pemalsuan judul, pemalsuan thumbnail gambar, sampai duplicate content.

Hal ini dilakukan tidak lain tidak bukan untuk mengundang banyak viewers, sehingga video yang dibuat akan menghasilkan banyak uang.

Maka dari itu sudah banyak youtubers di Indonesia yang gagal telak, yang di awalnya merasa gembira karena berpenghasilan banyak, namun tidak lama kemudian sirna dalam sekejap.

Untuk itu saya kembali mengingatkan, usahakanlah untuk menguasai skils dalam mengedit sebuah video, youtube itu tempatnya berbagai macam jenis video, semua jenis video itu sudah ada di youtube, kamu hanya perlu mengemas video yang kamu buat dengan cara yang berbeda.

Untuk itu saya tegaskan kepada kalian supaya lebih dulu menguasi teknik editing video sebelum memulai membuat channel di youtube.

Youtube itu seperti tempat hiburan, jadi buatlah video yang menghibur, anda bisa mengemasnya dengan sangat baik jika anda mampu menguasai teknik editing video.

Jangan membuat channel seputar informasi jika anda tidak cukup banyak memiliki link atas informasi yang ingin anda bagikan.

Karena saya pribadi saya akan mencari video di youtube seputar video hiburan, karena sudah jelas youtube adalah tempat hiburan, walaupun ada video  yang menagndung sebuah unsur informasi di youtube saya masih sangat meragukan tentang kebenarannya, karena siapapun bisa membuat channel di youtube dan dapat menyajikannya dalam bentuk yang paling buruk dan yang paling baik.

Jadi untuk kalian para penikmat youtube, sebaiknya lebih bijak tentang video-video yang disajikan oleh banyak sumber, kalian harus pintar dan cermat tentang unsur-unsur yang terkandung di dalam video yang sedang anda lihat.


Kenapa banyak youtubers yang gagal


Jika kalian bertanya tentang pertanyaan seperti ini sebaiknya anda introspeksi diri jika anda seorang youtubers yang gagal.

Apakah anda sudah bekerja keras selama ini !!
Apakah video yang anda buat sudah anda kemas sebaik mungkin !!
Apakah anda sudah menjalani 1 tahun lebih sebagai seorang youtubers !!

Semua itu adalah pertanyaan yang harus anda jawab sendiri, jika anda ingin berhasil anda harus bekerja keras, jika video yang anda buat ingin di tonton oleh banyak orang anda harus mengemas video yang anda buat dengan sebaik mungkin, dan butuh skils editing video. Dan anda juga harus bersabar karena cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtubers yang berhasil.

Jadi kerja keras bukan hanya modal utama anda, tetapi waktu akan berpengaruh kepada apa yang sedang anda kerjakan saat ini.


Youtubers yang tujuan utamanya uang akan gagal total

Jika anda adalah salah satu youtubers yang tujuan utamanya adalah uang, lebih baik anda cepat-cepat cari pekerjaan yang baru dan hilangkan cita-cita kalian yang ingin menjadi youtubers berhasil itu.

Karena anda tidak akan pernah berhasil jika tujuan utama anda adalah uang.

Ingat !! anda bukan seorang artis, dan ingat !! anda itu bukan siapa-siapa, lalu siapa yang akan menonton video anda jika anda bukan siapa-siapa !!.

Jadi jangan heran jika hampir semua artis di Indonesia ini memiliki channel youtube, karena pada dasarnya mereka sudah memiliki banyak penggemar yang sudah pasti akan menonton video yang mereka buat, yahhh... video apapun !!! video apapun yang mereka buat pasti akan banyak penontonnya... Pasti teman-teman semua tau apa yang sedang saya maksudkan.

Youtubers yang pada dasarnya adalah seorang artis pasti akan berhasil, walaupun keberhasilan mereka tidak sehebat seperti youtubers selain artis.

Lalu kenapa para artis memiliki cahnnel youtube !!

Bukankah kegiatan para artis itu sangat padat dan melelahkan !!

Lalu kenapa mereka menyempatkan diri untuk membuat sebuah video padahal mereka hanya memiliki waktu yang singkat !!

Bukankankah untuk membuat satu video saja memerlukan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya !!

Lalu kenapa mereka sampai rela membagi waktunya hanya untuk membuat sebuah video !!

Jawabannya ??  tidak lain tidak bukan tujuan mereka juga sama seperti anda semua, yaitu MENCARI UANG.

Namun proses perjalanannya akan sangat berbeda dari kalian yang bukan siapa-siapa. Untuk itu kalian harus pintar dan lebih mempersiapkan diri agar kegagalan itu tidak datang menghampiri kalian semua.

Karena jika tujuan utama kalian adalah uang, kalian akan melakukan berbagai macam cara agar video yang anda buat memiliki banyak penontonnya. Karena hal ini akan memicu kalian untuk melakukan tindakan-tindakan bodoh yang akan merusak dan menghancurkan apa yang sudah anda niatkan dari awal.

Untuk itu saya memiliki tips untuk kalian yang tentunya akan sangat berguna untuk kalian sebagai seorang youtubers pemula.


Tips untuk seorang youtubers pemula


Untuk kalian sebagai youtubers pemula sebaiknya lebih mementingkan dan mempertimbangkan tentang apa yang ingin kalian bagikan kepada penonton.

Jika kalian ahli dalam editing video, tunjukan kepada penonton buat video yang menjual skils editing video kalian, rombak semua video yang ada di dalamnya, berikan kesan yang menarik dan layak untuk di banggakan.

Walaupun penonton secara langsung tidak menyukai anda, tetapi jika video yang anda bagikan anda kemas dalam bentuk yang hebat, pasti penonton akan tetap menyaksikan video anda, karena merasa ingin lebih memerphatikan tentang video yang sudah anda edit sedemikian rupa.

Yang ujung-ujungnya ada yang komentar !!
Gan ... Editing video nya pakai software apa gan ?? ... wkwkwkwkwkwk

Jadi usahakan untuk tetap memperhatikan tentang apa yang ingin anda bagikan kepada penonton.

Lalu apa target utamanya jika target utamanya bukanlah uang ??

Yupzz.. target utama anda adalah !!  buat video sebanyak mungkin, contohnya seperti 1 bulan anda di haruskan membuat 50 videos, jadi tiap hari anda harus bekerja keras, percaya atau tidak jika video yang anda bagikan sudah mencapai 500 bahkan lebih, uang yang banyak dijadikan target oleh para youtubers di dunia akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Tetapi anda harus membuat video yang bagus dengan kemasan yang menarik, sehingga penonton tidak merasa bosan untuk melihat video-video yang anda buat.

Jadi jika kalian membuat video yang bagus sebenarnya itu bukan untuk orang lain, tetapi untuk diri anda sendiri, karena apapun video yang anda buat akan berdampak kepada channel milik anda.

Jadi itulah pesan-pesan saya untuk kalian semoga kalian tidak menajadi seorang youtubers yang mengahalalkan segala cara untuk mendapatkan banyak uang.
Baca selengkapnya

Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya


Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.
Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Lalu bagaimana caranya agar tak terhasut?
Seperti yang terlansir pada halaman kompas.com, Minggu (8/1/2016), Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho menguraikan lima langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli. Berikut penjelasannya:
1. Hati-hati dengan judul provokatif
Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.
Oleh karenanya, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.
2. Cermati alamat situs
Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.
Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.
Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti diwaspadai.
3. Periksa fakta
Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.
Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.
Hal lain yang perlu diamati adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.
4. Cek keaslian foto
Di era teknologi digital saat ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.
Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.
5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax
Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.
Di grup-grup diskusi ini, netizen bisa ikut bertanya apakah suatu informasi merupakan hoax atau bukan, sekaligus melihat klarifikasi yang sudah diberikan oleh orang lain. Semua anggota bisa ikut berkontribusi sehingga grup berfungsi layaknya crowdsourcing yang memanfaatkan tenaga banyak orang.
Ini Cara melaporkan berita atau informasi hoax
Apabila menjumpai informasi hoax, lalu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak tersebar. Pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.
Untuk media sosial Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.
Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.
Kemudian, bagi pengguna internet Anda dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.
Masyarakat Indonesia Anti Hoax juga menyediakan laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax. *



PENULIS : ILHAM SURAHMIN

SUMBER : KOMPAS.COM

DARI SITU : KEMENTRIAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI REPUBLIK INDONESIA

ALAMAT LINK : https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media


 Hasil gambar untuk kementerian komunikasi dan informasi republik indonesia


Baca selengkapnya

Wednesday, February 7, 2018

Tips membuat Usaha  Sampingan dengan modal kecil

Tips membuat Usaha Sampingan dengan modal kecil

Tips membuat Usaha  Sampingan dengan modal kecil
Apabila direnungkan kembali, ada fakta menarik dari karyawan kantoran bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, tetapi nyatanya banyak dari mereka yang memiliki waktu luang yang besar. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi uang. Sebenarnya, dari waktu luang tersebut ada banyak kesempatan untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau mungkin bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang. 
Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerja mereka sebagai alasan tidak bisa menjalankan usaha sampingan tersebut. Padahal dari jam kerja yang harus dipenuhi dalam satu hari, sebenarnya masih bisa disisihkan sedikit untuk mengurus usaha sampingan, toh kita tidak dilarang melakukan aktivitas usaha sampingan oleh perusahaan, bukan?

Mengapa Harus Buka Usaha Sampingan?

Mengapa Harus Buka Usaha Sampingan

Usaha sampingan menarik untuk dijalani. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan pokok-pokok alasan kenapa Anda seharusnya mencoba bisnis sampingan. Beberapa pengetahuan yang juga perlu diketahui agar makin banyak orang menjalani usaha sampingan ini.

 Berawal dari Ide Bagus dan Kemampuan Unik

Kebanyakan perusahaan besar yang sudah sangat terkenal di dunia sekarang ini berawal dari sebuah usaha sampingan yang merupakan buah ide bagus, serta kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut. Tingkat kompetisi makin rendah dan peluang sukses makin besar jika ide Anda unik dan jarang ada orang lain yang memiliki. Anda tinggal merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

b. Peluang Pasar Masih Terbuka Luas

Jangan pernah bingung untuk membuka usaha sampingan. Jika Anda adalah seorang yang kreatif, maka semua bisa dijadikan bahan bisnis untuk usaha sampingan. Pastikan usaha yang akan dibuka, entah itu barang atau jasa, memang ada yang bersedia membeli.
Supaya usaha bisa tepat sesuai dengan perencanaan, pertimbangkan juga besarnya kompetisi yang akan Anda hadapi nantinya. Lakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau bisa dimulai dari orang-orang terdekat, terhadap ide produk Anda.

c. Perlu Uang Tambahan

Fakta yang terdapat pada pegawai kantoran seperti uraian diatas, yaitu gaji pas-pasan namun punya banyak waktu luang, membuat usaha sampingan menjadi tren baru yang terus berkembang. Memiliki bisnis sampingan bisa menambah pundi-pundi rejeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan ini bisa juga digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

d. Persiapan Pensiun

Bagi pekerja swasta, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang perlu. Dengan mempunyai usaha sampingan, rencana tersebut akan menjadi lebih mudah dipenuhi karena akan sangat menolong Anda ketika menginjak usia lanjut nanti. Usaha sampingan tersebut bisa Anda jadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

e. Aktualisasi Diri

Saat karir mentok dan mengalami kebuntuan dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau Anda merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka usaha sampingan bisa jadi mengajarkan Anda banyak hal yang tidak akan Anda dapatkan dengan menjadi pegawai kantoran. Proses ini dinamakan aktualisasi diri, namun perlu diingat bahwa kadang-kadang pelajaran ini datang dari kegagalan. Namun, jangan takut untuk gagal karena sejatinya kegagalan adalah awal dari keberhasilan.


Mengapa Banyak Usaha Sampingan Gagal?

Alasan Umum Mengapa Usaha Sampingan GagalAlasan Umum Mengapa Usaha Sampingan Gagal
Walau hanya sebatas usaha sampingan, namun bisnis tetaplah bisnis. Bisnis dengan skala kecil pun memiliki risiko kegagalan yang hampir sama besar dengan bisnis yang telah dijalankan selama bertahun-tahun. Apakah yang menyebabkan usaha sampingan dalam skala kecil tersebut gagal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah menyiapkan beberapa poin yang menyebutkan hal-hal yang sering menjadi kesalahan dalam menjalankan usaha sampingan.

a. Salah Menentukan Prioritas

Usaha sampingan memang memiliki pengertian bukan prioritas atau pekerjaan utama. Tetapi jika pelaku usaha masih mempertahankan pekerjaan penuh waktu mereka sembari mengembangkan bisnis kecil sebagai sampingan, maka sebaiknya berhati-hati. Banyak kegagalan terjadi pada usaha sampingan ini akibat ambisi ingin cepat sukses, sehingga porsinya dalam melakukan usaha sampingan bisa menjadi sama besar atau mungkin lebih besar dari pekerjaan utamanya.
Mereka kadang memaksakan diri mengambil banyak pesanan dalam usaha sampingannya, dan menjadi lupa bahwa dirinya masih dalam posisi karyawan. Hal tersebut mengakibatkan hilangnya fokus dan menjadi tidak maksimal dalam pengerjaannya atau keteteran, sehingga banyak muncul komplain dari pelanggan. Alangkah bagusnya jika pemilik usaha tidak terlalu terpaku pada pengembangan usaha sampingan, atau dengan kata lain sesuaikan tingkat bisnis dengan kemampuan Anda saat itu.

b. Salah Menentukan Kebutuhan

Saat memulai usaha sampingan, tanpa sadar pemilik usaha sering terbuai pada hal yang tidak begitu penting. Mereka seringkali salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah memiliki usaha besar saja. Misalnya menciptakan logo bisnis, membuat kartu nama, membeli perangkat lunak mahal untuk pembukuan, dan lain sebagainya. Memang, semua hal tersebut penting untuk sebuah bisnis, namun bisnis kecil yang baru berjalan relatif belum memerlukan hal-hal seperti itu. Alangkah baiknya jika usaha sampingan yang baru dibuka harusnya fokus pada promosi, pasokan bahan baku atau material, perijinan dan sebagainya plus membuat sebuah konsep usaha yang kokoh.

c. Pola Pikir yang Keliru

Kegagalan bisnis banyak disebabkan oleh mindset atau pola pikir yang keliru. Contoh pola pikir yang salah adalah anggapan bahwa "apapun yang dijual pasti akan ada yang beli." Pola pikir yang tidak benar ini juga bisa berupa menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik sehingga cenderung sembrono dalam hal mengeluarkan uang untuk aspek-aspek bisnis yang kurang penting di awal karir dan berakibat usaha yang baru dibuka tersebut menjadi gagal.

d. Perencanaan Bisnis yang Tidak Matang

Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, tetap saja membutuhkan sebuah perencanaan. Rencana bisnis bisa meliputi rencana yang sederhana tanpa perlu terperinci seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti visi dan misi bisnis anda, daftar kontak networking potensial dan sejenisnya. Hal ini penting dilakukan untuk membantu pemilik usaha ketika akan mengembangkan bisnis. Perencanaan yang baik di awal akan memudahkan si pengusaha dalam mengembangkan usahanya nanti karena tidak harus menyusun ulang rencana bisnis yang sudah terlanjur jauh sehingga memboroskan waktu, uang dan tenaga.

e. Tidak Bisa Membangun Jaringan

Kekuatan bisnis terdapat pada jaringan. Sebesar apa pun usaha yang anda punya, wajib hukumnya untuk terus menambah dan membina jaringan yang sudah ada. Jaringan bisa berupa pelanggan, teman, saudara dan sebagainya. Cara membentuk dan membina jaringan adalah dengan banyak silaturahmi bisnis. Sering mendatangi acara atau pertemuan untuk menambah kenalan baru yang bisa jadi jaringan baru usaha anda. Banyak pebisnis yang mungkin ragu, malu, atau malas untuk membuka jalur networking dengan alasan bahwa toh bisnisnya baru berkembang tanpa itu. Hal ini tentu saja keliru. Cepat atau lambat jika pemilik bisnis malas membangun jaringan, usahanya akan kalah bersaing dengan usaha lain.


Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Usaha sampingan memang bisnis yang termasuk dalam skala kecil. Tetapi dari skala kecil tersebut, yang tadinya hanya sekadar iseng atau hanya untuk penghasilan tambahan saja, jika dijalani dengan sungguh-sungguh bisa berubah menjadi bisnis dengan skala dunia. Siapa sangka bisnis yang berawal dari ide sederhana ini bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Jika Anda masih terkendala oleh kebingungan akan pemilihan usaha apa yang akan dijalani, berikut kami telah merangkum 21 usaha sampingan dengan modal kecil yang patut Anda coba.

A. Menyediakan Jasa

Menjual Tenaga sebagai Usaha SampinganMenjual Tenaga sebagai Usaha Sampingan

1. Laundry Kiloan

Di jaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berfikir pragmatis. "Daripada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja." Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga ikut bersaing.
Semudah itukah membuka usaha jasa laundry kiloan? Sebenarnya iya, namun untuk sukses di bisnis ini, anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal paling utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil) adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.
Berapa modal yang diperlukan? Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai.

2. Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernama odesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

3. Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda.
Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa anda tentukan berdasar pasaran biaya les di lokasi Anda.

4. Menjahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.
Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar Anda. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

5. Penerjemahan

Anda menguasai suatu bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Memang penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Tetapi semua profesional bermula dari pemula juga, bukan? Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.
Bisnis ini memberikan hasil yang cukup berarti. Sebagai contoh, Anda memberlakukan tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka Anda sudah berhasil mengantongi sebanyak Rp25 ribu. Kemudian, apabila Anda bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan Anda dalam sehari adalah sebesar Rp250 ribu. Menarik, bukan?
Modalnya, yang juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di cafe, di rumah, atau di mana pun. Marketplace yang banyak digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

6. Pengetikan

Bisnis ini umumnya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa mendatangkan uang. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.
  Tips Menjalankan Bisnis Pengetikan
  • Lokasi yang Strategis
    Misalnya dekat dengan kampus atau yang dekat perkantoran karena usaha seperti ini banyak dicari oleh kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan jasa seperti ini. Seiring perkembangan teknologi, usaha jasa pengetikan ini juga bisa dilakukan secara online. Pemilik usaha bisa mempromosikan usahanya melalui blog atau marketplace.
  • Promosi
    Beberapa media promosi seperti selebaran atau pamflet adalah ide yang bagus. Anda bisa juga menggunakan internet untuk melakukan internet marketing, khususnya jika anda membuka usaha jasa pengetikan online. Di sekitar lokasi anda sebaiknya juga dipasang spanduk yang besar dan jelas agar orang yang melihat dapat membaca dengan baik.

7. Makelar Properti

Aset yang selalu naik harganya adalah properti. Banyak  orang yang memiliki dana lebih, menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki, mereka pun butuh beberapa jasa makelar properti yang bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan. Kondisi ini membuka peluang bagi anda untuk bergabung sebagai makelar properti. Coba amati lingkungan sekitar rumah, apakah ada proyek pembangunan rumah dan apartemen baru? Jika iya tawarkan saja diri anda untuk menjadi makelar. Jangan lupa untuk menanyakan sistem komisi dan bonusnya.
Tidak butuh modal biaya untuk usaha ini. Hanya membangun kepercayaan saja yang diperlukan. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan anda kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.
  Pemasaran Properti Online
  • Blog Marketing
    Ini yang sering dilakukan oleh para internet marketers saat ini. mereka membuat sebuah website yang dioptimasi dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) supaya mereka mendapatkan pengunjung tertarget. Anda bisa meniru cara ini karena blog marketing merupakan salah satu cara pemasaran properti secara online yang sangat efektif. Hanya saja, Anda harus pandai dalam hal mengoptimasi agar mampu bersaing dengan website lain dalam memperebutkan calon pembeli tertarget.
  • Display Marketing
    Jika Anda tidak ingin terlalu repot mengoptimasi website agar berhasil mengalahkan website pesaing, Anda bisa menerapkan cara display marketing. Cara pemasaran online yang satu ini menerapkan konsep berupa meletakkan banner-banner iklan Anda di situs-situs di mana banyak pengunjung tertarget mengunjungi situs tersebut. Anda bisa memasang banner Anda di situs sosial bookmark, situs penerbitan, atau forum. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan budget untuk iklan seperti ini.
  • Email Marketing
    Bisa dikatakan ini adalah cara pemasaran online yang konvensional karena cara ini digunakan oleh para internet marketers jauh lebih dulu daripada cara-cara yang lain. Strategi yang satu ini jelas ampuh karena pada dasarnya orang secara suka rela memasukkan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi apapun dari Anda, tidak terkecuali penawaran produk properti. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka, tidak hanya penawaran.

8. Agen Asuransi

Agen asuransi umumnya memang sering dijadikan profesi sampingan. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Tentu ini sangat menarik, ditambah lagi penghasilan yang sangat proporsional. Artinya, jika Anda ingin punya penghasilan yang tinggi, anda juga harus kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga.
Bagi yang ingin berkarir di sini, ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Tak jarang sebuah usaha sampingan yang sukses bisa berlanjut ke karir yang lebih baik, agen asuransi juga termasuk yang seperti itu. Agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia.

9.Jasa Titip Beli
Bisnis jasa titip beli sedang naik daun belakang ini mengiringi kemajuan teknologi yang pesat. Hal ini karena usaha tersebut berbasis online. Secara garis besar, Anda hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah.
Usaha yang dikenal juga dengan istilah personal shopper atau pebelanja pribadi ini banyak di jumpai di media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, namun tak jarang juga dijumpai pada aplikasi berbasis chat seperti Line, Whatsapp dan BBM. Oleh karena itu sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli.


B. Menawarkan Barang

Menjual Produk sebagai Usaha Sampingan
Menjual Berbagai Macam Produk untuk Penghasilan Tambahan

10. Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan sebagai usaha sampingan. Pasalnya, teman kantor, teman kost, dan sebagainya adalah pasar yang tepat dan menggiurkan. Menurut kabar, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta memiliki omzet Rp20 triliun setahun. Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu berkisar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah yaitu teman dan tetangga anda sendiri.
Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda, namun secara umum Anda cukup mendaftar dan melakukan deposit. Kemudian, saldo anda bisa digunakan untuk transaksi semua produk. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, beberapa provider pulsa elektrik online seperti istana-reload.com atau pulsamurahlengkap.com bisa menjadi referensi Anda.
  Tips Menjalankan Bisnis Pulsa Elektrik
  • Memilih Server Pulsa Tepercaya
    Server atau provider pulsa yang tepercaya lebih menjamin transaksi kirim pulsa bisa berjalan dengan lancar. Kunci kepercayaan pembeli ada pada cepatnya transaksi. Hal tersebut juga dapat membuat Anda merasa nyaman karena tidak merasa dikejar-kejar oleh konsumen yang kesal karena pulsa tidak masuk-masuk. Jika transaksi lancar terus, maka pelanggan akan puas dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.
  • Rutin Promosi
    Dalam bisnis pulsa elektrik, harus tetap melakukan promosi meskipun sebenarnya anda tidak butuh modal banyak atau biaya operasional. Bagaimanapun juga, dalam menjalankan bisnis, anda harus punya target penjualan. Dan ini bisa dicapai dengan cara promosi yang baik. Promosi tersebut bisa di lakukan dengan cara sederhana, misalkan sebagai contoh jika anda adalah seorang karyawan, maka Anda bisa melakukan promosi secara mulut ke mulut, demikian juga misal anda pelajar atau mahasiswa. Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media yang Anda miliki untuk melakukan promosi kecil-kecilan.
  • Survei Harga
    Walaupun hanya usaha sampingan, tetapi survei tetaplah perlu dilakukan. Survei ini bertujuan untuk mengetahui harga pasaran pulsa di sekitar Anda, dan bisa dilakukan dengan cara cek harga di pedagang pulsa terdekat. Intinya, jangan sampai anda menjual lebih mahal dari harga pasaran, karena tentunya pulsa yang dijual akan menjadi susah laku.
  • Fokus Layanan dan Jangan Bersaing Harga
    Meskipun penting untuk mengetahui harga pulsa di pasaran, tetapi harga pulsa saat ini sudah bukan menjadi isu sensitif lagi. Pembeli sudah jarang mengambil keputusan beli berdasar harga, namun lebih ke layanan yang baik. Jadi bersainglah dalam memberikan layanan bukan dalam harga yang sebenarnya relatif sama untuk satu wilayah tertentu.
  • Mendaftar Lebih Dari Satu Server
    Penjual pulsa elektrik disarankan mendaftar di lebih dari satu server yang bisa digunakan sebagai cadangan ketika server utama bermasalah. Misalnya ketika server utama merespon dengan lambat, transaksi delay atau tertunda, server sedang maintenance, jaringan down, stok kosong dan berbagai masalah lainnya. Dengan adanya server cadangan, maka penjualan pulsa pun tetap bisa berjalan dengan lancar.
  • Hindari Pelayanan Utang
    Nilai keuntungan dari menjual pulsa pada seseorang memang tidaklah seberapa. Namun sebisa mungkin jangan pernah memperbolehkan pelanggan Anda untu berutang atau 'ngebon' pulsa. Karena jika satu orang diperbolehkan berutang, maka pelanggan lain pun akan meminta hal yang sama dan bisa menyebabkan kerugian yang besar. Nyatanya, kejadian seperti inilah yang paling sering menyebabkan orang akhirnya harus gulung tikar dalam bisnisnya.
  • Jangan Mengambil Keuntungan Terlalu Besar
    Bisnis ini termasuk ke dalam golongan bisnis dengan perputaran modal yang cepat. Menggiurkan, bukan? Tetapi patut untuk diwaspadai, jangan sampai terbuai oleh keinginan untuk mencari keuntungan besar dengan cepat. Karena bisnis ini juga melibatkan persaingan yang ketat, jadi sebaiknya berikan harga yang kompetitif sehingga kios pulsa Anda tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harga yang terlalu mahal.

11. Jual Beli Motor Bekas

Usaha sampingan yang menarik lainnya adalah jual beli motor bekas. Dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa melepas 50-100 unit kendaraan baru per minggu. Bisa anda bayangkan betapa pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Anda bisa ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli motor bekas. Istilah pasarnya adalah makelar. Jika sudah mulai mengerti siklus dan persaingan pasar, tak ada salahnya mulai buka display motor di rumah.
Jika memulai usaha ini sebagai makelar, maka secara teknis Anda tidak butuh modal. Tugas anda hanyalah membangun kepercayaan saja. Langkah pertama, Anda bisa membantu menjualkan motor orang lain dan mendapatkan komisi. Jika sudah yakin punya pasar yang jelas, maka Anda bisa memulai dengan membeli motor bekas di bawah Rp10 juta, kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga. Jual beli motor bekas banyak dibantu situs iklan populer seperti olx.co.id.

12. Menjual Pakaian Murah

Jika ingin menjalankan usaha sampingan yang dapat dikelola secara sederhana, sebaiknya jualah produk yang tahan lama atau tidak bisa kadaluarsa. Salah satu contohnya adalah pakaian. Terlebih lagi, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok. Modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, tergantung stok yang ingin diambil. Misalnya, dengan modal Rp1 juta, anda bisa membeli sejumlah pakaian baru dari toko grosir seperti dewagrosir.com. Beberapa situs ini juga bisa Anda jadikan pembanding harga: deltagrosir.com, tanahabangpgmta.com, dan bursatanahabang.com. Beberapa produk dengan harga murah dan banyak dicari antara lain adalah daster, mukena, busana muslim, dan sarung tenun, dan lain-lain.

13. Menjual Produk Berdasarkan Hobi

Banyak bisnis sukses berawal dari hobi. Sebagai contohnya adalah hobi memancing. Hobi ini termasuk irrasional, atau dengan kata lain tidak setimpal. Pasalnya, harga alat pancing dan perlengkapannya bisa sampai berjuta-juta sedangkan yang didapat hanyalah kepuasan. Anda sebenarnya bisa mengolahnya menjadi sebuah keuntungan dari pengetahuan seputar hobi memancing yang Anda miliki.
Caranya adalah berjualan alat pancing dengan sistem dropship atau bisa juga dengan membeli beberapa stok produk terlebih dahulu jika anda memiliki modal cukup. Harga alat pancing berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp2,5 jutaan. Jika dana yang Anda miliki pas-pasan, maka Anda bisa 'menjual' keahlian Anda dalam memancing pada para pemancing yang masih pemula. Jika merasa sudah memiliki dana yang cukup, Anda bisa membeli stok alat pancing pada situs dpfishingmart.com. Untuk harga yang lebih murah atau pembelian grosir bisa cek ke tokopancingmurah.com dan sohorgroup.com.
Pilihan produknya pun sangatlah beragam sesuai dengan kegemaran Anda. Bagi Anda pecinta musik bisa menjual beragam alat musik seperti gitar, harmonika, biola, dan segala macam aksesorisnya. Terlebih lagi, pengrajin alat-alat pendukung hobi pun sudah banyak pabriknya di Indonesia, sehingga Anda bisa menjual produk-produk lokal dan meningkatkan kualitas produk dalam negeri.


C. Menyajikan Santapan

Menjajakan Makanan di Luar Jam Kerja
Menjajakan Makanan di Luar Jam Kerja

14. Makanan Pagi (Sarapan)

Bagi Anda yang termasuk karyawan dengan jadwal masuk siang atau sore, menjual makanan untuk sarapan adalah ide yang menarik. Saat ini banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya khususnya mereka yang masih tinggal sendiri. Untuk usaha ini tidak dibutuhkan ruangan yang spesifik. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Menunya pun sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan, ditambah kopi sebagai pelengkap adalah menu sederhana yang punya nilai jual tinggi.
Modalnya juga terbilang kecil untuk memulai usaha ini, yaitu sekitar Rp4 juta per bulan. Dari angka tersebut, sekitar 80%-nya akan digunakan untuk membeli bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli minyak goreng, gas, dan juga transportasi. Berapa besar keuntungan yang didapatkan? Berdasar informasi dari beberapa media online, dengan modal sebesar itu Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta per bulan. Cukup banyak, bukan?

15. Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Warung kopi adalah sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah cafe. Mengapa malam hari? Jika memang anggaran dan tenaganya terbatas, maka paling baik buka di malam hari saja, mengingat kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi hingga sore. Dengan begitu, malam hari adalah waktu yang tepat karena Anda dapat memantau usaha sampingan tersebut. Selain itu, waktu yang tepat untuk 'ngopi' biasanya pada malam hari. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri.
Untuk usaha ini Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain. Angka tersebut juga sudah termasuk untuk menyewa tempat apabila rumah tidak bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mi instan atau minuman lainnya.

16. Menjual Aneka Kue

Bagi Anda yang menyukai atau memiliki hobi memasak kue, maka ide berikut adalah ide yang sempurna. Pasalnya, Anda bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang Anda gemari tersebut. Setelah seharian bekerja, kemudian sore harinya setelah pulang dari kantor, Anda bisa menyalurkan hobi membuat kue itu, yang mana bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Pastinya menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula.
Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur. Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. Untuk variasi resep, situs bacaresepdulu.com bisa dijadikan referensi.
Tidak perlu modal besar untuk menjual aneka kue ini. Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp10 juta selama satu bulan pertama, dengan rincian Rp9 juta untuk bahan baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air. Tempat usaha adalah dapur Anda sendiri tentunya.


D. Transaksi Online

Mendatangkan Uang dengan Memanfaatkan Koneksi Internet
Mendatangkan Uang dengan Memanfaatkan Koneksi Internet

17. Membuat Blog

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebuah website adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang berfikir instan dengan membeli traffic ke penyedia layanan jasa traffic. Hal tersebut sangatlah keliru. Pengunjung yang datang dari jasa ini bukanlah manusia tapi fake traffic yang tidak memberikan keuntungan apapun bagi pemilik website.
Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat anda sukai seperti misalnya barang-barang eletronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun.
Jika konten blog anda berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak pembaca yang berkunjung. Traffic blog akan naik dengan sendirinya, backlink dari situs web lain juga mudah didapatkan. Apabila traffic blog Anda bagus, maka blog kemudian bisa di-monetize untuk mendapatkan uang. Caranya pun beragam, mulai dari buka space iklan untuk pengiklan lokal sampai dengan tergabung dalam jaringan periklanan profesional layaknya Google Adsense. Menariknya, hanya butuh modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

18. Membuka Toko Online

Di era internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Peluang membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.
Anda tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan. Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.
Bagi yang masih awam dengan jual beli online dan juga masih bingung untuk memilih produk apa yang akan dijual, mulailah dengan sistem dropship. Sistem ini akan memberikan kemudahan dalam berjualan karena Anda tidak perlu membeli stok barang untuk dijual. Cukup meneruskan informasi si pembeli/pelanggan, dan pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai pesanan. Atau dengan kata lain, Anda adalah pihak ketiga antara pembeli dan pemilik barang.  Salah satu siasatnya, mulailah  bergabung dalam komunitas dropshipper lokal di supplier.id.

19. Bisnis MLM Online

MLM atau Multi Level Marketing adalah metode pemasaran terkini yang diharapkan bisa menghemat biaya pemasaran. Banyak usaha yang dijalankan dengan model MLM, dan seiring dengan perkembangan teknologi, model MLM ini bisa dijalankan secara online. Karena dijalankan secara online, maka bisnis ini tidak menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan seperti pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, karena semua proses itu bisa dilakukan secara online. Namun, hati-hati terhadap MLM abal-abal. Tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik.

20. Menjual Foto di Internet

Teknologi digital yang ada jaman sekarang ini sangat mendukung seseorang yang ingin membuka usaha sampingan. Apabila memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa menghasilkan uang dari jepretan foto-foto yang diambil sendiri. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online. Pasti akan ada orang yang bersedia membayar foto yang Anda hasilkan jika memang fotonya bagus dan berkarakter.
Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto). Selain itu, situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa digunakan untuk menjajakan foto-foto Anda. Untuk transaksi skala global biasanya menggunakan PayPal sebagai mode transaksi. Jadi jangan lupa untuk memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum membuat akun ini.


Tumbuhkan Jiwa Pengusaha

Menurut penelitian dari Dr. David McCelland, seorang psikolog dari Harvard University, dalam bukunya yang berjudul The Achieving Society menunjukkan bahwa suatu negara dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan apabila minimal 2% dari jumlah penduduknya menjadi pengusaha. Hal tersebut mengindikasikan bahwa, negara Indonesia membutuhkan paling tidak sekitar 5 juta dari total 230 juta penduduknya untuk menjadi pengusaha. 
Tetapi faktanya tidak begitu indah. Menurut data yang disampaikan, jumlah total pengusaha di Indonesia saat ini hanyalah sekitar 450.000 pengusaha atau sebanyak 0,2% dari jumlah penduduk Indonesia. Sebagai perbandingan, Amerika memiliki pengusaha lebih dari 12%, Singapura 8%, Jepang dan China lebih dari 7%.
Jiwa enterpreneurship atau jiwa pengusaha memang perlu ditumbuhkan dalam diri anak muda. Karena merekalah yang menjadi ujung tombak dalam memakmurkan negara. Apabila semakin banyak pemuda Indonesia yang memiliki jiwa pengusaha, maka akan semakin besar juga kesempatan untuk bekerja karena banyaknya lapangan kerja yang tersedia. Hal ini tentu saja beriringan dengan semakin banyak pula harapan kesejahteraan bagi penduduk Indonesia.
Poin-poin yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari ide usaha sampingan yang berkembang dan populer beberapa tahun belakangan ini. Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahkan ribuan ide usaha sampingan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya. Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan Anda pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang sukses pun semakin besar.
Baca selengkapnya