Tuesday, November 14, 2017

Memperbaiki Hardisk : Minta Format dan Tidak Terbaca / korup

 Hardisk eksternal sangat dibutuhkan ketika ingin mem-backup sebuah file penting (sebagai tempat penyimpanan data cadangan), hardisk external juga dibutuhkan ketika ingin bertukar data seperti video, data laporan, dan lain-lain.





memperbaiki-hardisk-eksternal-format.html
Namun apa jadinya jika Hardisk eksternal tersebut error tidak terbaca saat ingin bertukar data maupun memasukan data. Ada beberapa kemungkinan: syok, panik, dan keringat dingin. 

Sudah banyak data yang disimpan ke dalam Hardisk Eksternal dengan hasil kerja keras tiba-tiba rusak seketika, otomatis suasana hati menjadi turun.



Saat menghadapi Hardisk eksternal error yang minta format, kurang lebih bertuliskan "You need to format disk in drive F: before you can use it. Do you want to format it?" ada baiknya jangan panik karena bisa saja ada cara yang dapat memperbaiki dan mengembalikan seperti sebelumnya.



Bagaimana cara memperbaikinya? ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaikinya, cara ini bisa digunakan untuk semua operasi sitem (OS) windows: windows 7, windows 8, windows 10, dan seterusnya.




Berikut ini cara yang termudah jika Hardisk Internal / Eksternal tidak terbaca & Minta Format :



  • Buka Command Prompt (CMD) dengan cara tekan tombol (dibarengi) "logo windows" dan "R" di keyboard lalu ketik CMD. Bisa juga menggunakan fitur pencarian di windows untuk mencari command prompt, hanya dengan kata "CMD" nanti bisa didapatkan.

Memperbaiki Hardisk External: minta format
  • Setelah CMD terbuka, ketik perintah berikut ini

Chdsk /f H:



Keterangan :

Chdsk
Mengecek atau memverifikasi data   

 /F
Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan. 

H:
Partisi Hardisk

Memperbaiki Hardisk External: minta format

  •  Tunggu beberapa saat, kira-kira paling lama sekitar 20 menit, itu jika data yang ada di Hardisk banyak dan masing-masing memiliki kapasitas yang besar.
  
Rawat dan jaga Hardisk Internal / Eksternal  dengan baik karena suatu saat akan menyesal jika tiba-tiba tidak bisa diperbaiki dengan cara yang sudah tertera di atas.

Masih Binggung nih simak videonya :








Bagikan

Jangan lewatkan

Memperbaiki Hardisk : Minta Format dan Tidak Terbaca / korup
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.