Saturday, November 4, 2017

Cara Memotret Milky way Menggunakan Smartphone


Milky way atau disebut galaksi bima sakti menurut Wikipedia adalah galaksi spiral yang besar termasuk dalam tipe Hubble SBbc dengan total masa sekitar 1012 massa matahari, yang memiliki 200 sampai 400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. Cara foto milky way menggunakan kamera handphone xiaomi mi note ini kamu memerlukan beberapa peralatan dan cara khusus. Karena foto milky way menggunakan metode long exposure yang memerlukan kesetabilan saat mengambil foto, selain itu milky way juga tidak dapat dapat kita lihat secara langsung.
Saat foto milky way kamu harus mencari tempat yang gelap atau jauh dari polusi cahaya. Dan sebelum kamu pergi menuju tempat tersebut kamu cek terlebih dahulu menggunakan aplikasi ramalan cuaca apakah tempat yang akan kamu tuju cerah atau tidak, sebaiknya saat akan memfoto milky way kondisi cuaca harus cerah, karena kalo mendung akan tertutup awan apalagi jika hujan sangat tidak mungkin untuk memfoto milky way.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk Foto Milky Way

Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk foto milky way menggunakan handphone, mulai dari perangkat kerasnya seperti tripod serta perangkat lunak (aplikasi pendukung). Beberapa peralatan tersebut adalah sebagai berikut :

Tripod Lengkap Dengan Holdernya

Tripod dan holdernya
Fungsinya untuk pegangan handphone supaya saat mengambil foto milky way hasilnya tidak kabur atau goyang karena menggunakan metode long exposure yang sangat lama. Tripod lengkap dengan holdernya ini bisa kamu dapatkan di toko aksesoris handphone atau kamera terdekat.

Aplikas Star Chart

Cara Foto Milky Way - 2

Fungsinya untuk mengetahui atau mencari posisi milky way, karena milk way tidak terlihat oleh menusia. Aplikasi ini dapat kamu download di play store.

Aplikasi Kamera

Cara Foto Milky Way - 3

Pada kali ini saya menggunakan aplikasi kamera bawaan handphone Xiaomi, jika kamu memiliki aplikasi kamera andalan lain silakan untuk mencobanya.

Cara Foto Milky Way Menggunakan Kamera Handpnoe Xiaomi Mi Note

Pasang Xiaomi mi note pada holder dan tripod, kemudia buka aplikasi Start Chart dan cari posisi milky way menggunakan aplikasi tersebut. Jika sudah ketemu arahkan kamera handphone xiaomi yang sudah dipasang tripod tepat menuju kearah milky way. Kemudian keluar dari aplikasi Start Chart dan buka aplikasi kamera (tanpa merubah posisi handphone). Atur kamera ke mode manual dengan settingan Shutter speed 32 detik, ISO 3200, dan Manual fokus tak terbatas (infinity). Pastikan saat meyantuh tombol shutter dengan pelan agar handphone tidak goyang.

Cara Foto Milky Way - 4

Jika dari settingan kamera diatas terlihat miky way maka kamu bisa mengurangi ISO serendah mungkin dalam batasan milky way masih terlihat,tujuanya untuk mengurangi terjadinya noise.
Berikut adalah hasil beberapa foto saya menggunakan ISO yang berbeda – beda namun pada settingan yang lainnya tetap sama :

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 3200

Foto diatas menggunakan ISO 3200, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 1600

Foto diatas menggunakan ISO 1600, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 800

Foto diatas menggunakan ISO 800, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 400
Foto diatas menggunakan ISO 400, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 200
Foto diatas menggunakan ISO 200, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Xiaomi Mi Note - Milky way ISO 100
Foto diatas menggunakan ISO 100, Shutter speed 32 detik,lihat full size di flickr.

Dari beberapa foto diatas belum melaui proses editing selain menambahkan layer baru untuk watermark saja. Saat menggunaka ISO tinggi noise sangat terlihat parah, namun saat menggunakan ISO 400 ke bawah milky way tidak terlihat lagi. Jika dilihat dari hasil foto dan settingan kamera diatas handphone Xiaomi Mi Note ini terlihat terlalu memaksa jika digunakan untuk foto milky way. Namun jika suatu saat saya menemukan cara lain yang lebih baik dari ini, saya pasti akan bagikan caranya di website ini.
Tutorial cara foto milky way menggunakan Xiaomi MI Note ini juga dapat kamu gunakan menggunakan handphone Xiaomi MI series, dan dapat kamu gunakan juga di handphone lainnya yang memiliki pengaturan shutter speed yang lama. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus silakan mencoba – coba sendiri, misalnya menggunakan foreground seperti pohon, bukit, atau gunung.
 

Sample Foto dari Kamera Xiaomi Mi Note



Sample Foto dari Kamera Iphone 6


Sample Foto dari Kamera Asus Zenfone Fan

Masih Kurang Paham Simak Video ini  😁 



Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Memotret Milky way Menggunakan Smartphone
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.