Wednesday, May 2, 2018

Rekomendasi Jasa Percetakan terbaik di Boyolali


Rekomendasi Jasa Percetakan terbaik di Boyolali - Apakah Anda sedang mencari tempat percetakanterbaik yang mampu menghasilkan produk print berkualitas dengan harga terjangkau?Atau Anda sedang mencari percetakan terbaik yang mampu menjadi partner bisnis terbaik?

Berikut merupakan 
Rekomendasi Jasa Percetakan terbaik di Boyolali :

Questions Art

Questionart adalah sebuah platform online yang melayani jasa  desain, percetakan, videografi , photografi, multimedia interaktif, pemrograman aplikasi & website  dengan kualitas terbaik. menyediakan berbagai produk dan layanan Anda tidak perlu membuang waktu untuk pergi ke percetakan ataupun mencari jasa Multimedia, capek mengantri selama berjam-jam sibuk wara-wiri, dengan Qustionsart sekarang semuanya mudah, cepat, dan tak perlu repot.

melayani COD (Cash On Delivery) untuk dareah sekitar SOLO & BOYOLALI


Jl. Pandanaran No.801, Randusari, Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57372 boyolali Jawa Tengah 57372

Nomer Telp atau Whatsapp : 083807131317 

Jam buka :
Senin
24 Jam
Selasa
24 Jam
Rabu
24 Jam
Kamis
24 Jam
Jumat
24 Jam
Sabtu
24 Jam
Minggu
24 Jam

Percetakan Fifi

bergerak pada bidang percetakan dan jasa cetak offset dengan mengandalkan hasil cetakan yang baik , khusus untuk para reseller menyediakan jasa disign grafis, print colour, print paper, cetak cepat bisa ditunggu, jilid buku, nota dll. juga handal dibidang pekerjaan pembuatan undangan dengan berbagai macam model..........datang dan buktikan kehebatan " percerakan FIFI" yang beralamat di Jl. Kenanga No. 1B  RT 04/09, Surowedanan, Pulisen. Boyolali  tepatnya sebelah barat kantor PLN boyolali.
Jalan Kenanga No.2, Siswodipuran, Pulisen, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57311

No Telphone : 0813-2952-8177

Jam buka : 
Senin
8AM–5PM
Selasa
8AM–5PM
Rabo
8AM–5PM
Kamis
8AM–5PM
Jumat
8AM–5PM
Sabtu
8AM–5PM
Minggu
8AM–5PM

Radix

Radix percetakan mampu bersaing dengan bisnis lainnya di daerah Banyudono dan sekitarnya. Melalui produk andalannya yaitu percetakan dan sablon yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan setianya.

Jam buka : 
Senin
8AM–5PM
Selasa
8AM–5PM
Rabo
8AM–5PM
Kamis
8AM–5PM
Jumat
8AM–5PM
Sabtu
8AM–5PM
Minggu
8AM–5PM


Triple A Production
Sedia percetakan berupa undangan, sablon, aksesoris dll

No Telp : 0857-2531-4006
Jam buka
Wednesday
8AM–8PM
Thursday
8AM–8PM
Friday
8AM–8PM
Saturday
8AM–8PM
Sunday
8AM–8PM
Monday
8AM–8PM
Tuesday
8AM–8PM

Rekomendasi Jasa Percetakan terbaik di Boyolali  - Itu tadi ulasan beberapa perusahaan cetak terbaik denganharga termurah yang berlokasi di Boyolali. Semoga dengan adanyaartikel ini dapat membantu Anda untuk memilih perusahaan cetak terbaik untukkebutuhan serta partner bisnis Anda.



Baca selengkapnya

Wednesday, February 21, 2018

Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda


Bagaimana anda di bayar oleh google adsense?
Bagaimana perhitungan yang di tetapkan oleh pihak google adsense, sehingga anda berhak di bayar?
Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap dapat pembayaran?
Itu beberapa pertanyaan yang sering muncul dari beberapa orang, baik yang sudah di terima google adsense, maupun yang belum mempunyai akun google adsense sekalipun.
Apa sih istimewanya google adsense, sehingga banyak orang sukses menghasilkan ratusan hingga ribuan dolar dalam sebulan. Kok bisa? Bagaimana perincian pembayaran nya? Baiklah saya akan menjelaskan satu persatu dengan bahasa yang sederhana dan semoga bisa di mengerti.
Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda
Yang di maksud dengan Publisher adsense adalah orang yang berhak menayangkan iklan dari google, Setelah mendapat persetujuan dari pihak google tentang kriteria dan syarat menjadi penayang iklan google baik dari Mitra google (seperti youtube dan blogspot) maupun dalam website atau blog di luar mitra google (.com .net .org .tv)

Yang jelas seorang publisher adsense harus mempunyai video yang di unggah di youtube atau mempunyai website atau blog, tempat menayangkan iklan google adsense. Tentu saja harus mengikuti kebijakan (TOS) dari pihak google adsense.
Untuk mengetahui perbedaan akun adsense bisa anda baca dulu artikel di bawah ini.
Nah sekarang bagaimana anda di bayar oleh google adsense? Pihak google adsense mempunyai perhitungan tersendiri dalam menetapkan bayaran bagi para penayang iklan. Pihak Google menawarkan beberapa pilihan yang berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada halaman penayangan.
Jenis jenis iklan dalam google adsense di antaranya :
Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan
Disini saya akan menjelaskan hal atau bagian terpenting saja dalam perhitungan google adsense, setidaknya kita bisa sedikit tahu.
CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan.
Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.
CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8% 
CPM= Cost per Mille
Dalam istilah indonesia biasa di sebut  BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.
RPM=Revenue Per Thoushand Impression
Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini.
1. RPM Kueri 
Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.
RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000
Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.
2. RPM Halaman
Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.
RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
3. RPM Permintaan Iklan
Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000
Masih banyak istilah lain dalam perhitungan google adsense yang menentukan jumlah pembayaran kepada Publisher adsense, jika anda ingin mempelajari lebih lanjut, bisa di buka link sumber tersebut.
Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap di bayar?
Jadi dari berbagai pertanyaan, Bagaimana jika iklan kita hanya tayang saja tanpa ada yang klik, apa di bayar juga? Ya…kita tetap di bayar berdasarkan apa yang di jelaskan di atas. memang yang paling besar adalah jika ada yang langsung klik iklan yang di tayangkan, tetapi perhitungan lain seperti yang telah di tetapkan oleh pihak google adsense, tetap harus di pertimbangkan.
Jadi semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita, semakin banyak pula potensi dolar yang akan di hasilkan, hal ini berlaku juga untuk Youtube, semakin banyak orang melihat video yang di tayangkan, semakin besar pula harapan dolar yang di peroleh, walaupun penonton tidak klik iklan yang di tayanngkan.
Pencairan dana dari google adsense setelah pendapatan kita terkumpul 100 dolar, cara pengambilannya pun terbilang mudah, pihak google adsense menyyediakan beberapa sistem pembayaran, bisa melalui cek atau melalui transfer bank (kawat) hingga menggunakan fasilitas western union.
Jadi bagaimana? Menarik bukan penghasilan dari Google adsense? anda tertarik menjadi publisher google adsense? Buruan daftar….Semuanya Gratis!!

Baca selengkapnya

Monday, February 19, 2018

Youtubers Yang Tujuan Utamanya Uang Akan Gagal



Hallo teman-teman.. artikel ini saya buat untuk melengkapi artikel yang sebelumnya sudah saya buat yang masih dalam rangka pembahasan tentang youtubers di Indonesia.

Artikel ini saya buat bertujuan untuk mengingatkan para youtubers pemula yang melakukan berbagai cara agar video yang di publikasikannya memiliki banyak viewers.

Namun cara yang terburuklah yang sering dilakukan oleh para youtubers di Indonesia, seperti pemalsuan judul, pemalsuan thumbnail gambar, sampai duplicate content.

Hal ini dilakukan tidak lain tidak bukan untuk mengundang banyak viewers, sehingga video yang dibuat akan menghasilkan banyak uang.

Maka dari itu sudah banyak youtubers di Indonesia yang gagal telak, yang di awalnya merasa gembira karena berpenghasilan banyak, namun tidak lama kemudian sirna dalam sekejap.

Untuk itu saya kembali mengingatkan, usahakanlah untuk menguasai skils dalam mengedit sebuah video, youtube itu tempatnya berbagai macam jenis video, semua jenis video itu sudah ada di youtube, kamu hanya perlu mengemas video yang kamu buat dengan cara yang berbeda.

Untuk itu saya tegaskan kepada kalian supaya lebih dulu menguasi teknik editing video sebelum memulai membuat channel di youtube.

Youtube itu seperti tempat hiburan, jadi buatlah video yang menghibur, anda bisa mengemasnya dengan sangat baik jika anda mampu menguasai teknik editing video.

Jangan membuat channel seputar informasi jika anda tidak cukup banyak memiliki link atas informasi yang ingin anda bagikan.

Karena saya pribadi saya akan mencari video di youtube seputar video hiburan, karena sudah jelas youtube adalah tempat hiburan, walaupun ada video  yang menagndung sebuah unsur informasi di youtube saya masih sangat meragukan tentang kebenarannya, karena siapapun bisa membuat channel di youtube dan dapat menyajikannya dalam bentuk yang paling buruk dan yang paling baik.

Jadi untuk kalian para penikmat youtube, sebaiknya lebih bijak tentang video-video yang disajikan oleh banyak sumber, kalian harus pintar dan cermat tentang unsur-unsur yang terkandung di dalam video yang sedang anda lihat.


Kenapa banyak youtubers yang gagal


Jika kalian bertanya tentang pertanyaan seperti ini sebaiknya anda introspeksi diri jika anda seorang youtubers yang gagal.

Apakah anda sudah bekerja keras selama ini !!
Apakah video yang anda buat sudah anda kemas sebaik mungkin !!
Apakah anda sudah menjalani 1 tahun lebih sebagai seorang youtubers !!

Semua itu adalah pertanyaan yang harus anda jawab sendiri, jika anda ingin berhasil anda harus bekerja keras, jika video yang anda buat ingin di tonton oleh banyak orang anda harus mengemas video yang anda buat dengan sebaik mungkin, dan butuh skils editing video. Dan anda juga harus bersabar karena cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtubers yang berhasil.

Jadi kerja keras bukan hanya modal utama anda, tetapi waktu akan berpengaruh kepada apa yang sedang anda kerjakan saat ini.


Youtubers yang tujuan utamanya uang akan gagal total

Jika anda adalah salah satu youtubers yang tujuan utamanya adalah uang, lebih baik anda cepat-cepat cari pekerjaan yang baru dan hilangkan cita-cita kalian yang ingin menjadi youtubers berhasil itu.

Karena anda tidak akan pernah berhasil jika tujuan utama anda adalah uang.

Ingat !! anda bukan seorang artis, dan ingat !! anda itu bukan siapa-siapa, lalu siapa yang akan menonton video anda jika anda bukan siapa-siapa !!.

Jadi jangan heran jika hampir semua artis di Indonesia ini memiliki channel youtube, karena pada dasarnya mereka sudah memiliki banyak penggemar yang sudah pasti akan menonton video yang mereka buat, yahhh... video apapun !!! video apapun yang mereka buat pasti akan banyak penontonnya... Pasti teman-teman semua tau apa yang sedang saya maksudkan.

Youtubers yang pada dasarnya adalah seorang artis pasti akan berhasil, walaupun keberhasilan mereka tidak sehebat seperti youtubers selain artis.

Lalu kenapa para artis memiliki cahnnel youtube !!

Bukankah kegiatan para artis itu sangat padat dan melelahkan !!

Lalu kenapa mereka menyempatkan diri untuk membuat sebuah video padahal mereka hanya memiliki waktu yang singkat !!

Bukankankah untuk membuat satu video saja memerlukan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya !!

Lalu kenapa mereka sampai rela membagi waktunya hanya untuk membuat sebuah video !!

Jawabannya ??  tidak lain tidak bukan tujuan mereka juga sama seperti anda semua, yaitu MENCARI UANG.

Namun proses perjalanannya akan sangat berbeda dari kalian yang bukan siapa-siapa. Untuk itu kalian harus pintar dan lebih mempersiapkan diri agar kegagalan itu tidak datang menghampiri kalian semua.

Karena jika tujuan utama kalian adalah uang, kalian akan melakukan berbagai macam cara agar video yang anda buat memiliki banyak penontonnya. Karena hal ini akan memicu kalian untuk melakukan tindakan-tindakan bodoh yang akan merusak dan menghancurkan apa yang sudah anda niatkan dari awal.

Untuk itu saya memiliki tips untuk kalian yang tentunya akan sangat berguna untuk kalian sebagai seorang youtubers pemula.


Tips untuk seorang youtubers pemula


Untuk kalian sebagai youtubers pemula sebaiknya lebih mementingkan dan mempertimbangkan tentang apa yang ingin kalian bagikan kepada penonton.

Jika kalian ahli dalam editing video, tunjukan kepada penonton buat video yang menjual skils editing video kalian, rombak semua video yang ada di dalamnya, berikan kesan yang menarik dan layak untuk di banggakan.

Walaupun penonton secara langsung tidak menyukai anda, tetapi jika video yang anda bagikan anda kemas dalam bentuk yang hebat, pasti penonton akan tetap menyaksikan video anda, karena merasa ingin lebih memerphatikan tentang video yang sudah anda edit sedemikian rupa.

Yang ujung-ujungnya ada yang komentar !!
Gan ... Editing video nya pakai software apa gan ?? ... wkwkwkwkwkwk

Jadi usahakan untuk tetap memperhatikan tentang apa yang ingin anda bagikan kepada penonton.

Lalu apa target utamanya jika target utamanya bukanlah uang ??

Yupzz.. target utama anda adalah !!  buat video sebanyak mungkin, contohnya seperti 1 bulan anda di haruskan membuat 50 videos, jadi tiap hari anda harus bekerja keras, percaya atau tidak jika video yang anda bagikan sudah mencapai 500 bahkan lebih, uang yang banyak dijadikan target oleh para youtubers di dunia akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Tetapi anda harus membuat video yang bagus dengan kemasan yang menarik, sehingga penonton tidak merasa bosan untuk melihat video-video yang anda buat.

Jadi jika kalian membuat video yang bagus sebenarnya itu bukan untuk orang lain, tetapi untuk diri anda sendiri, karena apapun video yang anda buat akan berdampak kepada channel milik anda.

Jadi itulah pesan-pesan saya untuk kalian semoga kalian tidak menajadi seorang youtubers yang mengahalalkan segala cara untuk mendapatkan banyak uang.
Baca selengkapnya

Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya


Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.
Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Lalu bagaimana caranya agar tak terhasut?
Seperti yang terlansir pada halaman kompas.com, Minggu (8/1/2016), Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho menguraikan lima langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli. Berikut penjelasannya:
1. Hati-hati dengan judul provokatif
Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.
Oleh karenanya, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.
2. Cermati alamat situs
Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.
Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.
Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti diwaspadai.
3. Periksa fakta
Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.
Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.
Hal lain yang perlu diamati adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.
4. Cek keaslian foto
Di era teknologi digital saat ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.
Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.
5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax
Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.
Di grup-grup diskusi ini, netizen bisa ikut bertanya apakah suatu informasi merupakan hoax atau bukan, sekaligus melihat klarifikasi yang sudah diberikan oleh orang lain. Semua anggota bisa ikut berkontribusi sehingga grup berfungsi layaknya crowdsourcing yang memanfaatkan tenaga banyak orang.
Ini Cara melaporkan berita atau informasi hoax
Apabila menjumpai informasi hoax, lalu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak tersebar. Pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.
Untuk media sosial Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.
Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.
Kemudian, bagi pengguna internet Anda dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.
Masyarakat Indonesia Anti Hoax juga menyediakan laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax. *



PENULIS : ILHAM SURAHMIN

SUMBER : KOMPAS.COM

DARI SITU : KEMENTRIAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI REPUBLIK INDONESIA

ALAMAT LINK : https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media


 Hasil gambar untuk kementerian komunikasi dan informasi republik indonesia


Baca selengkapnya

Main Game Dapat Hadiah Bitcoin? Coba Puzzle Game Ini MonteCrypto !



Cryptocurrency, atau Bitcoin khususnya, bukan hanya menjadi perhatian praktisi keuangan dan teknologi, tapi sudah menjadi perhatian berbagai pihak. Teknologi blockchain yang menyertai cryptocurrency dianggap punya dampak positif untuk berbagai industri.
Tren uang digital juga mulai diraskan di dunia game. Salah satu game PC bergenre teka-teki (puzzle game) belum lama menawarkan hadiah 1 Bitcoin (saat ini sekitar US$ 10 ribu atau sekitar Ro 135 juta) bagi pemenangnya.
Game bernama “MonteCrypto: The Bitcoin Enigma” ini bukan hanya ditargetkan bagi para gamer yang doyan memecahkan teka-teki tapi juga mereka yang tertarik mendapatkan hadiah koin digital tersebut. Hadiah sebesar 1 Bitcoin (1 BTC) diberikan bagi gamer/pemain yang pertama kali memecahkan puzzle game tersebut (menyelesaikan game).


“MonteMonteCryptoCrypto: The Bitcoin Enigma” terdiri 24 seri teka-teki kompleks yang harus diselesaikan/dipecahkan oleh pemain. Menurut Gem Rose Accent, developer game ini, mengklaim tingkat kesulitan game ini merupakan salah satu yang tertinggi saat ini jika dibandingkan game sejenis.
Game ini juga menwarkan fungsi multiplayer untuk memberikan experience tambahan bagi pemainnya. Di sini, pemain dapat terhubung dengan pemain lainnya untuk mencari petunjuk dan memecahkan teka-teki.
Namun, mengingat hadiah Bitcoin hanya untuk satu orang pemenang, para pemain diingatkan untuk berhati-hati dalam memilih mitranya untuk bergabung dalam tim dalam menyelesaikan game ini.
Tertarik mencoba peruntungan Anda? Game “MonteCrypto: The Bitcoin Enigma” akan mulai tersedia di platform Steam seharga US$ 1,99 pada tanggal 20 Februari ini. Selamat memecahkan teka-teki!
Baca selengkapnya

Saturday, February 10, 2018

Merakit Mining Rig Untuk Menambang Bitcoin


Apa itu Mining Rig ? Adalah suatu alat berbasis komputer yang berfungsi untuk menambang Bitcoin. Kecepatan yang dihasilkan dari satu mining rig berbeda-beda tergantung berapa kartu grafis yang digunakan dan jenisnya. Setiap jenis/merk VGA Card mempunyai kecepatan yang tidak sama, maka anda harus jeli dalam menentukan pilihan. Kartu grafis yang bagus untuk digunakan biasanya menggunakan AMD dan ATI Radeon.

Jangan salah pilih kartu grafis ketika anda akan terjun ke penambangan Bitcoin dengan menggunakan mining rig. Semakin mahal kartu grafis yang anda gunakan maka semakin besar hasil kecepatan yang didapatkan. Selain itu anda membutuhkan power supply yang diatas 1000 watt untuk mendukung performa dan supply kepada setiap kartu grafis.

Selain itu motherboard yang digunakan untuk membangun mining rig tentunya harus memiliki slot untuk kartu grafis yang banyak. Sekarang terdapat mainboard yang dikhususkan untuk menambang Bitcoin dengan banyak slot didalamnya, namun rata-rata sebuah motherboard memiliki 6 slot VGA Card.

Spesifikasi Mining Rig

Berikut contoh spesifikasi dan biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah mining rig untuk menambang Bitcoin :


SPESIFIKASI MINING RIG
ProcessorIntel Pentium G4400800.000
MotherboardAsrock Pro BTC1.500.000
Kartu GrafisR9 290X MSI Lighting5.550.000
Memori RAM4 GB Merk Bebas450.000
HarddiskSeagate 500 GB640.000
PSU700 Watt990.000
CasingBebas350.000
10.800.000

Untuk processor bisa juga menggunakan intel celeron karena harganya lebih murah. Yang paling berpengaruh adalah dengan spesifikasi kartu grafis yang anda gunakan. Dengan menggunakan 1 (satu) kartu grafis dengan merk tersebut maka kecepatan yang akan anda dapatkan sebesar 842 H/s atau sekitar 84 Mh/s. Untuk menambang bitcoin seperti script SHA-256 sebagai referensi sebaiknya gunakan 6 VGA maka akan didapatkan kecepatan 5076 GH/s.

Ketika sebuah GPU / Mining Rig anda rakit maka anda membutuhkan pool untuk menambang contohnya Nicehash. Silahkan anda daftar disana kemudian download sofware dan instal pada komputer anda. Maka proses penambangan pun secara otomatis berjalan. Jika anda belum mempunyai alamat dompet Wallet silahkan daftar Gratisnya ada DISINI.

Jika menggunakan 6 kartu grafis sebaiknya jangan menggunakan casing karena panas yang berlebih malah akan membuat mining rig jebol. Tempatkan mining rig pada tempat yang suhunya dingin, tambahkan kipas pembuang panas. Untuk melihat lebih jelas bentuk mining rig silahkan googling di youtube. Selamat Mencoba
Baca selengkapnya

7 CARA MENJADI YOUTUBER YANG SUKSES MULAI DARI NOL (0 SUBSCRIBER)


Bagaimana cara menjadi youtuber yang sukses mulai dari nol (zero subs)?
Ditengah ketatnya persaingan, sekarang semakin banyak youtuber-youtuber baru bermunculan namun sayangnya tidak semua youtuber bisa sukses dan menjadikan YouTube sebagai karirnya.
Perlu diperhatikan ada 2 jenis channel youtube yaitu:
  1. Channel yang sudah memiliki nama atau banyak subscriber, biasanya karena memiliki hubungan dengan artis/influencer/youtuber terkenal lainnya, memiliki koneksi yang baik, atau modal yang banyak (paid promotion).
  2. Channel yang dibangun dari nol, tanpa modal, dan tanpa koneksi sedikitpun.
Jika Anda adalah tipe yang kedua dan baru memulai karir Anda didunia YouTube (0 subsriber) maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana channel YouTube yang masih baru (0 subs) bisa merangkak naik menjadi youtuber yang sukses.
Ok, tanpa perlu banyak basa-basi, let’s learn.
Inilah 7 tips untuk menjadikan channel baru Anda sukses bersaing ditengah kejamnya dunia YouTube:
1. Video adalah konten, dan setiap konten membutuhkan audience/penonton
Sebagus apapun video yang Anda buat tetap tidak ada gunanya kalau tidak ada yang menonton, lalu bagaimana bisa mendapatkan penonton kalau subscriber channel kita masih nol (0)?
Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menentukan siapa audience Anda. Orang-orang menonton YouTube karena berbagai alasan namun pada dasarnya ada 2 tujuan yang mereka cari:
  1. Entertainment = mencari hiburan, kesenangan, dan inspirasi
  2. Edukasi = mencari sesuatu untuk dipelajari, fakta/berita, dan ilmu pengetahuan
Tentu Anda bisa membangun channel yang melakukan keduanya bersamaan (entertain + educate), tapi jauh lebih baik Anda fokus pada 1 tujuan terlebih dahulu antara Anda ingin konten yang menghibur atau mendidik. Toh sesuatu yang menghibur bisa membawa nilai edukasi, begitu pula sebaliknya sesuatu yang mengedukasi bisa dibawakan dengan cara yang menghibur.
Dengan begini Anda akan lebih mengerti siapa target audience Anda dan apa yang mereka inginkan. Menariknya adalah dunia marketing YouTube tidak jauh berbeda dengan memarketingkan sebuah blog. Angap video pada sebuah channel YouTube sama dengan artikel pada sebuah blog.
Anngaplah Anda sedang menentukan niche pada sebuah blog, aplikasikan hal yang sama kedalam channel YouTube Anda.
2. Bangunlah subscriber channel Anda dengan natural
Sistem YouTube sendiri seperti campuran antara mesin pencari dan sosial media. Kita asumsikan:
  • Kolom pencarian YouTube sebagai search engine/google
  • Subscribers sebagai friends/followers sosial media
Hal yang pertama kali harus Anda fokuskan adalah membangun audience/subscriber, karena subscriber inilah yang bisa membuat Anda bertumbuh setiap harinya. Bagaimana caranya mendapatkan subscriber dengan cepat?
Inilah beberapa cara tercepat untuk mendatangkan subscriber:
– Membuat video yang berkualitas
Mungkin Anda juga sudah muak mendengar kata klise seperti ini “kualitas, kualitas, dan bla.bla.bla.” namun semua algoritma sistem baik mesin pencari/sosial media memprioritaskan “engagement”, sekarang adalah jamannya engagement, dan mereka yang membuat konten menarik dan berkualitaslah (engaging) yang akan menang.
– Buat sesuatu yang relevan dengan penonton
Seperti yang dikatakan pada poin no. 1, jika Anda mengerti siapa audience Anda, maka buatlah sesuatu yang “mereka cari”, “mereka butuhkan”, dan memang “ingin mereka tonton”.
Diawal-awal setiap views sangat berharga, setiap detik yang mereka habiskan pada video-video Anda adalah aset. Buatlah video yang jelas khususnya di 5-15 detik pertama, dalam waktu sesingkat itu pastikan penonton sudah mengerti apa yang akan mereka tonton.
Ingat Anda bukan youtuber terkenal dengan ratusan ribu subscriber, Anda bukan anak presiden/artis, Anda tidak bisa melakukan hal-hal sembarangan/random lalu mendapatkan viewers begitu saja.
– Optimasi judul dan gambar thumbnail sebaik mungkin
Beberapa youtuber baru menganggap sepele hal seperti ini padahal efeknya sangat berpengaruh. Bagi mereka yang tidak memiliki audience sama sekali, maka judul dan thumbnail adalah satu-satunya cara video Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk dilihat. Sebelum orang menonton video Anda, mereka hanya melihat sebuah judul dan gambar pada video Anda, jika mereka tidak mengeklik link/video tersebut maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk ditonton oleh siapapun.
Berikan waktu untuk mengoptimasi judul dan gambar thumbnail video Anda, hampir 90% video diklik karena judul dan thumbnailnya namun ingat jangan pernah membuat judul/gambar yang missleading dan tidak relevan. Reputasi diawal adalah segalanya, jangan hancurkan itu hanya untuk sebuah klik.
3. Mulai dari lingkaran sosial Anda dan jangan menggunakan teknik black-hat
Jelas cara terbaik untuk mendapatkan penonton (khususnya saat pertama kali mulai) adalah dengan mendistribusikan konten Anda ke teman-teman atau lingkaran sosial terdekat Anda entah itu di sosial media seperti Facebook/Twitter/Instagram/Line/dll. Jangan sekali-sekali melakukan spam di sosial media/forum karena YouTube sangat membenci spam (khususnya dari sosial media), ada kemungkinan besar akun Anda akan dibanned jika melanggar ketentuan ini.
Biarlah penonton datang secara natural (white-hat) walaupun akan makan waktu lama, namun memang begitulah caranya. Hampir semua youtuber yang sukses memerlukan setidaknya 1 tahun sampai mereka mulai mendapatkan trafik/penonton dan subscriber sedikit demi sedikit. Konsistensi bertumbuh secara perlahan jauh lebih baik, daripada ledakan trafik sesaat yang hilang dengan cepat begitu saja.
Kolaborasi dengan teman Anda atau youtuber lain
Jika memungkinkan lakukan colab/kolaborasi dengan youtuber lain, tidak apa-apa walaupun mereka tidak memiliki banyak subscriber atau bahkan zero subs, tujuan utama kolaborasi adalah mutualisme dalam sebuah konten, tentu akan jauh lebih cepat jika Anda bisa berkolaborasi dengan youtuber yang lebih terkenal, namun pada intinya sebuah kolaborasi bertujuan untuk memperkaya konten/video yang secara tidak langsung juga berpotensi membawa subscriber-subscriber baru.
Balas komentar di video Anda dan juga berikan komentar di video youtuber lain
Ini adalah hal yang sangat simpel, youtuber-youtuber yang super sukses pada awalnya juga melakukan hal ini. Mereka membalas setiap komen yang ada di videonya, dan mereka juga meninggalkan komentar di video youtube orang lain (namun jangan sampai spamming). Dengan begini Anda bisa membangun interaksi positif dengan para penonton dan youtuber-youtuber lainnya.
4. Optimasi tampilan dan deskripsi channel YouTube Anda
Jika Anda perhatikan semua poin-poin diatas, ternyata memarketingkan sebuah channel YouTube prinsipnya sama seperti memarketingkan sebuah blog.
  • Menentukan konten/video sama seperti menentukan niche blog.
  • Membuat video berkualitas sama seperti membuat artikel berkualitas.
  • Kolaborasi dengan youtuber lain sama seperti guest posting.
  • Berkomentar di channel youtube lain sama seperti blogwalking.
Jika Anda membuat blog baru, maka yang pertama kali Anda optimasikan tentu adalah blog itu sendiri (on-page), yang mengejutkan adalah ternyata banyak youtuber baru diluar sana yang tidak melakukan optimasi channelnya sendiri, padahal sangat simpel dan hal ini justru bisa sangat penting.
  • Buatlah deskripsi singkat dibagian “about” tentang apa konten-konten channel yang Anda buat dan intro singkat yang perlu disampaikan.
  • Koneksikan channel YouTube Anda dengan channel sosial media/website yang Anda miliki termasuk kontak email jika perlu.
  • Pasang gambar yang menarik dibagian home/feature channel Anda dan kalau perlu buat trailer (tidak harus) supaya audience semakin tertarik untuk meng-subscribe channel Anda.
  • Jika Anda sudah memiliki banyak video, maka kategorikan video-video tersebut dibagian playlists supaya user juga lebih mudah menonton daftar video-video yang Anda buat.
  • Yang tidak kalah penting adalah optimasi setiap video dibagian judul, deskripsi, dan tag (sama seperti SEO), buatlah senatural dan serelevan mungkin, jangan pernah melakukan keyword stuffing atau spam keyword berlebihan (spam = bunuh diri).
5. Pahami dengan baik algoritma YouTube dan bermain sesuai dengan aturannya
Seperti yang dikatakan sebelumnya, sekarang adalah jamannya engagement, entah Anda bermain di search engine (SEO), sosial media, termasuk YouTube, mereka yang menang adalah mereka yang kontennya jauh lebih engaging/menarik daripada yang lain.
Karena itu missleading title, missleading thumbnail, spam keyword dan klik sudah tidak memiliki pengaruh yang berarti, bahkan bisa cenderung pada banned sebuah akun.
Ingat YouTube adalah sebuah bisnis, mereka ingin user menghabiskan banyak waktu diplatform mereka, karena itu mereka rajin mempromosikan channel (recommended videos/channel) yang bisa membuat penontonnya menghabiskan banyak waktu kunjungan (watch time) di channel tersebut.
Inilah beberapa faktor terpenting dalam engagement sebuah channel YouTube:
  • Faktor terpenting dan tetap yang nomor 1 adalah jumlah waktu kunjungan (watch time), sejauh ini (2016) YouTube masih memprioritaskan jumlah waktu kunjungan sebagai indikator kualitas sebuah video/channel. Mereka yang memiliki banyak jumlah waktu kunjungan akan mendapatkan ranking/posisi yang lebih baik pada hasil pencarian dan juga akan mendapat free promotion/promosi cuma-cuma dibagian home/recommended channel.
  • Jumlah views pada sebuah video. Semakin banyak tentu semakin bagus, ingat bahwa views tidak dihitung berdasarkan klik, tetapi setelah user menonton minimal selama 30 detik atau setengah durasi video yang bersangkutan. Jika 10 detik pertama user pergi meninggalkan video Anda, maka itu tidak dihitung sebagai sebuah views. Views yang lebih banyak biasanya akan mendapat ranking yang lebih baik pada pencarian (dengan catatan jumlah waktu kunjungannya juga baik).
  • Rasio like dan dislike. Walaupun tidak berpengaruh banyak, tetapi perbandingan like dan dislike juga mempengaruhi engagement dan menjadi pertimbangan YouTube dalam menentukan ranking pada hasil pencarian.
  • Subscriber dan social share. Channel/video yang berhasil mendapatkan banyak subscriber dan social share bisa menjadi sinyal positif bagi engagement.
  • Komentar. Mungkin komentar adalah faktor yang paling sedikit berpengaruh karena biasanya komentar berisi spam/promosi, orang iseng/troll, atau campuran antara komentar positif dan negatif.
Semua faktor engagement diatas menentukan seberapa jauh ranking/peringkat Anda pada hasil pencarian sebuah kata kunci (keyword), karena itu jelas hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi semua engagement diatas adalah membuat konten yang sangat berkualitas.
Konten dengan judul yang sedikit clickbait/ego bait juga tidak begitu bermasalah asalkan tidak missleading dan worth it, artinya user yang mengeklik video tersebut tetap mendapatkan konten yang relevan dan menghabiskan waktu yang cukup lama minimal 60-70% dari total durasi video (watch time).
Pada akhirnya konten adalah raja, “isi video” tetaplah elemen yang paling penting.

6. Kualitas views > kuantitas views

Anda tidak perlu jutaan views untuk mendapatkan peringkat yang bagus, terkadang dengan 1.000-2.000 views pun asalkan berkualitas (user menonton >50% durasi konten) video Anda bisa mendapatkan ranking 1-3 pada hasil pencarian suatu keyword, karena itu 1.000 subscriber pertama Anda adalah investor terbaik Anda.
Tanpa mereka (1.000 first subscriber) kemungkinan besar channel Anda tidak akan kemana-mana, setelah Anda mendapat ribuan subscriber, bahkan Anda bisa lebih fokus pada kualitas video karena subscriber ini dengan sendirinya akan membantu promosi video-video Anda.
Saat pertama kali mulai (0 subs) Anda bisa mencoba berbagai cara untuk mendapatkan views/subscriber ini, namun beberapa cara yang menurut saya efektif dan murni (white-hat) adalah:
  • Kolaborasi dengan sesama youtuber lain atau influencer.
  • Jika Anda memiliki blog, tidak ada salahnya Anda menempelkan video Anda pada sebuah postingan (embed) karena walaupun video YouTube ditonton pada sebuah blog, itu juga tetap dihitung sebagai views. Dengannya Anda bisa memperluas jangkauan promosi video Anda di mesin pencari (Google).
  • Buat konten yang berpotensi viral (sesuatu yang orang lain mau bagikan).
  • Buat tombol call-to-action diakhir video seperti “subscribe” atau “tonton video yang sebelumnya”. Anda juga bisa taruh link dibagian deskripsi video untuk meminta user melakukan “action” yang diinginkan.
Pada awal karir YouTube Anda, setiap views dan subscriber sangat penting, jangan sia-siakan setiap user yang datang, buatlah konten berkualitas secara kontinyu, channel Anda akan sangat beresiko dan sulit berkembang jika Anda hanya mengupload video sebulan sekali, biarpun kualitas lebih besar bobotnya dari kuantitas, faktanya orang akan mudah lupa dengan channel yang tidak sering diupdate.
Normalnya buatlah konten 1-2x seminggu, tetap prioritaskan kualitas namun jangan juga sampai mengabaikan kuantitas sama sekali. The more you make, the more people will find you.
7. Terima masukkan/feedback dari penonton Anda
Beberapa orang akan mengomentari video Anda, sebagian akan bersifat trolling (silahkan diabaikan), beberapa akan negatif, dan sebagian lainnya akan membangun.
Terimalah semua feedback ini untuk memperbaiki konten Anda yang berikutnya, entah itu positif atau negatif, memiliki seseorang yang mengkritik atau mengoreksi karya Anda tetap jauh lebih baik daripada tidak ada yang berkomentar sama sekali. Itu tandanya mereka masih peduli dan perhatian dengan karya-karya Anda.
Dan yang lebih penting jangan takut untuk bertanya kepada para fans/subscriber Anda.
Tidak ada salahnya meminta masukkan, atau tanyakan apa yang sedang mereka inginkan, ajaklah subscriber Anda untuk terlibat, berinteraksilah supaya merekapun juga semakin tertarik dengan konten-konten Anda, pada akhirnya semua creator dan karya yang diciptakan bertujuan untuk menghibur konsumennya (user).
Sebagai youtuber Anda harus komitmen memberikan konten yang dibutuhkan oleh subscriber Anda, entah itu hiburan, seni, pendidikan, dll. Teruslah dekat (stick) dengan subscriber Anda karena merekalah Anda bisa sukses.


Itulah cara supaya Anda bisa membangun channel YouTube yang sukses, pada prakteknya bisa saja tidak semulus teori diatas, karena itu hal yang paling krusial adalah perhatikan data YouTube Analytics Anda, perhatikan video mana yang memberikan hasil yang lebih baik (engagement), analisa sumber trafik mana yang paling menghasilkan, dan seperti apa demographics audience Anda.
Cara terbaik untuk memaksimalkan potensi YouTube Anda tentunya dengan mencoba sebanyak-banyaknya cara (white-hat) yang sudah Anda ketahui, perhatikan hasil analytic-nya, dan fokuskan pada yang memberi hasil terbaik.
Sekarang tinggal mengambil tindakan, lakukan dan aplikasikan apa yang sudah Anda pelajari secara nyata.
Sebagai penutup, Anda juga bisa belajar banyak dari rahasia PewDiePie berikut, bagaimana cara dia bisa menjadi youtuber tersukses didunia sampai hari ini.
Good luck 🙂
Baca selengkapnya